Yang Harus dilakukan Ibu Hamil 8 Bulan

Pada usia kehamilan yang sudah menginjak kedelapan bulan, pasti sebagian ibu hamil masih bingung apa saja yang harus dilakukan ibu hamil 8 bulan? Oleh karena itu pada bahasan artikel ini kita akan mengetahui tentang apa saja yang harus dilakukan pada ibu hamil dengan usia kandungan 8 bulan.

Yang harus dilakukan ibu hamil 8 bulan (1)

1. Bekerja
Ibu yang sedang hamil 8 bulan boleh bekerja. Karena bekerja tidak menimbulkan kompilasi pada janin. Asalkan dalam bekerja ibu hamil tersebut tidak boleh melakukan fisik yang berat-berat, serta tidak boleh terlalu kecapean atau kelelahan. Tapi jika si ibu sudah tidak bisa lagi melakukan pekerjaan boleh kok melakukan cuti. Dinegara Amerika banyak yang melahirkan dengan ibu yang masih berstatus pegawai. Dan dinegara Indonesia sendiri banyak ibu hamil yang masih bekerja walaupun hampir mendekati masa-masa persalinan sibayi, diberikan cuti hamil selama 1 bulan sebelum melahirkan dan 2 bulan setelah melahirkan.

2. Menggunakan safety belt
Menggunakan safety belt pada saat ibu hamil mengendarai kendaraan sangat diperlukan. Posisi tali yang menyilang pada bawah perut dan atas perut atau didada akan membuat si ibu menjadi merasa aman.

3. Mengendarai mobil
Wanita yang sedang hamil boleh mengendarai mobilnya sendiri. Tetapi pada kehamilan yang sudah memasuki usia yang kesembilan bulan sebaiknya jangan mengendarai mobil sendiri karena ukuran perut yang semakin membesar mengakibatkan susah dalam menyetir.

4. Berjalan
Jika ibu hamil lebih banyak berjalan, berarti ibu tersebut sama saja seperti berolahraga ringan. Tetapi jika ibu tersebut sudah terasa capek lebih baik beristirahat dahulu. Berjalan bisa menguatkan otot-otot yang ada dipanggul, jadi hal ini sangat diperlukan saat persalinan nanti.

5. Menungging
Menungging boleh dilakukan saat ibu yang sedang hamil agar bayi yang ada didalam kandungan tidak sungsang. Hal ini dilakukan selama 5 sampai 10 menit sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari.

6. Pemijatan
Pemijatan bisa dilakukan pada ibu yang sedang hamil agar rasa kaku pada otot-ototnya, pegal-pegal dan sakit punggung bisa dihilangkan. Tetapi sebaiknya jangan memijat pada bagian perut dan punggung bawah. Melakukan pemijatan hanya perlu dilakukan dengan mengusap atau mengelus saja tetapi jangan terlalu keras-keras. Hal tersebut dapat dilakukan pada pasangan anda.