Tips dan Manfaat Tomat Untuk Diet Yang Sehat

manfaat tomat untuk dietMemiliki tubuh yang langsing dan ideal adalah idama setiap wanita. Namun untuk mendapatkannya, perlu ditempuh dengan cara yang alami. Salah satu cara alami untuk diet adalah dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur. Dan tahukah kamu bahwa buah tomat bisa dijadikan untuk buah diet kamu? Jika belum, yuk lihat ulasan berikut mengenai Tips dan Manfaat Tomat Untuk Diet Yang Sehat!

Tips dan Manfaat Tomat Untuk Diet Yang Sehat

Buah tomat memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh kita. Untungnya, buah ini adalah buah yang mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau. Berikut lima hal penting seputar buah merah merona ini:

#1. Tomat yang dibuat jus akan lebih baik dibandingkan dengan tomat mentah
Tomat yang sudah diolah dalam bentuk jus atau dimasak lebih bermanfaat bagi tubuh ketimbang dimakan mentah. Jumlah likopen dalam jus tomat bisa mencapai lima kali lebih banyak daripada pada tomat segar. Dalam  100 gram jus tomat terdapat tujuh gram kalsium, 15 miligram fosfor, 0.9 miligram zat besi, 230 miligram natrium dan 230 miligram kalium.

#2. Buah Tomat Kaya Akan Kandungan Vitamin C
Dalam 100 gram tomat memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin C sehari. 100 gram tomat juga menyumbangkan sekitar 10 hingga 20 persen kebutuhan vitamin A sehari. Kombinasi vitamin A dan C ini adalah sumber antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

#3. Simpanlah Tomat dengan Cuaca yang Tepat
Tomat harus disimpan pada suhu yang tidak terlalu tinggi, misalnya suhu kamar. Atau disimpan dalam lemari pendingin. Sebeb, suhu tinggi dapat merusak tomat.

4. Buah Tomat Baik Untuk Gigi dan Gusi
Kombinasi vitamin A dan C dalam tomat berguna untuk memelihara kesehatan gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka, mencegah penyakit skorbut, mencegah pendarahan pembuluh darah halus, menjaga organ pengelihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan reproduksi.

#5. Buah Tomat Bisa Mencegah Risiko Penyakit Degeneratif
Ada tiga kandungan penting dalam karotenoid dalam tomat: beta karoten, likopen, dan enzim fitoena dan fitofluena. Ketiga enzim tersebut berfungsi sebagai antioksidan tinggi untuk mengikat radikal bebas, tabir surya alami tubuh, dan mengurangi risiko penyakit degeneratif.

Nah itu dia cara dan manfaat buah tomat untuk diet dan kesehatan kamu. Jangan lupa imbangi dnegan nutrisi dari jenis sayur dan buah buahan yang lainnya ya!