Tips Dan Manfaat Senam Untuk Diet Turunkan Berat Badan

manfaat senam untuk dietBelakangan ini sudah mulai banyak kaum wanita yang melakukan senam aerobic. Biasanya mereka melakukan senam aerobik itu secara bersama-sama dengan seorang instruktur yang mencontohkan gerakannya. Senam aerobic juga identic dengan music yang menggema untuk membangkitkan semangat. Senam aerobik memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk diet menurunkan berat badan. Nah ini dia Tips Dan Manfaat Senam Untuk Diet Turunkan Berat Badan yang bisa kamu ikuti!

Tips Dan Manfaat Senam Untuk Diet Turunkan Berat Badan

#1. Cross-training
Cross-training diyakini oleh banyak ahli kebugaran mampu meningkatkan efektivitas latihan aerobik. Cross-training adalah metode melakukan latihan aerobik secara bergantian antara latihan dengan intensitas rendah dengan latihan intensitas tinggi.

Latihan aerobik intensitas tinggi dimaksudkan untuk membakar lebih banyak kalori sedangkan latihan intensitas rendah dimaksudkan untuk meminimalkan cedera akibat kelelahan otot.

#2. Lakukan latihan aerobik saat perut kosong atau setelah melakukan latihan beban
Hm, kenapa sih latihan aerobic bagus dilakukan saat perut kosong? Bukankah malah akan membuat kita merasa malas dan lapar?

Jawabannya adalah, penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik yang dilakukan pada waktu perut kosong di pagi hari, setelah minum segelas atau dua gelas air akan membantu membakar lemak tubuh sekitar 300% lebih banyak dibanding waktu lain.

Alasannya karena ketika seseorang bangun, cadangan glikogen berada pada level terendah sehingga tubuh sudah dalam tahap pembakaran lemak.

#3. Durasi latihan
Jika kamu hanya melakukan senam aerobi selama 5 menit saja, tentu itu tidak akan menimbulkan perubahan yang signifikan. Jangan turuti rasa malas kamu ya. Mulailah untuk berlatih selama 20 menit dan perlahan-lahan tingkatkan hingga mencapai 45 menit.

#4. Mulailah latihan aerobic dengan pemanasan sebelum masuk ke latihan utama. Saat akhir sesi, sudahi latihan dengan pendinginan untuk menghindari cedera.

Optimalkan latihan aerobic kamu dengan diet seimbang dan menghindari makan berlebihan, makanan berlemak, makanan berminyak, serta makanan olahan. Jangan lupa juga cukupi kebutuhan cairan tubuhmu dengan minum air putih sepanjang hari dan juga di antara sesi latihan aerobik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.