Tekanan darah normal ibu hamil 9 bulan

Ada perubahan tekanan darah normal ibu hamil 9 bulan selama masa kehamilan tersebut. Tekanan darah merupakan hasil kerja dari jatung. Yang juga menggambarkan keadaan tubuh seseorang. Ada yang tahu berapa tensi normal untuk ibu hamil? Jika belum mari kita simak berikut ini.

Tekanan darah normal ibu hamil 9 bulan (1)
Biasanya tekanan darah yang normal untuk ibu hamil adalah sekitar 120/80 mmHg. Namun tekanan darah ini bisa berubah pada setiap bertambahnya usia kehamilan. Tekanan darah ini harus normal jika tidak akan membahayakan masalah kesehatan ibu dan anak yang sedang dikandungnya. Berikut tekanan darah yang biasa dialami pada setiap kehamilan.

1. Trimester pertama

– Tekanan darah menjadi naik
– Disebabkan penyempurnaan pembuluh darah jenis eralasenta sehingga terjadi peningkatan pada darah
– Kenaikan tekanan darah tidah boleh lebih dari 120/80 mmHg

2. Trimester yang kedua

– Tekanan darah turun. Pada trimester ini tekanan darah hanya boleh kurang dari 90/60 mmHg.
– Disebabkan terjadi penyempurnaan fungsi organ tubuh pada janin, sehingga memberikan kesempatan untuk menyerap oksigen dan nutrisi yang lebih lama.

Tekanan darah normal ibu hamil 9 bulan (2)

3. Trimester yang ketiga

– Tekanan darah menjadi naik
– Disebabkan karena hormon kehamilan yang sifatnya menahan┬ácairan dan mengganggu aliran darah kembali ke jantung, sehingga darah ditingkatkan agar terpenuhi.
– Batas kenaikan sama seperti pada trimester pertama.

Dari penjelasan tersebut anda sudah tahu bukan. Berapakah tekanan darah yang normal untuk ibu hamil. Yang lebih diperjelas untuk kehamilan 9 bulan. Hal tersebut harus dicermati pada setiap ibu hamil, dan jaga pola makannya agar kesehatan ibu dan anak yang didalam kandungan tetap terpenuhi nutrisinya.

Selain itu ibu hamil juga harus rutin dalam memeriksakan kandungan kehamilannya, agar tahu apakah kondisi anak dalam kandungannya tetap sehat.

Pada saat kehamilan ibu memerlukan sumber gizi yang berkualitas. Dan juga kebutuhan akan kalsium, protein, zat besi, serat dan vitamin yang cukup, agar kehamilan anda memiliki kualitas yang bagus dalam menunjang kehamilan anda. Jadi pilihlah asupan makanan, jangan asal pilih makanan yang murah dan enak belum tentu itu baik untuk kesehatan anda dan bayi anda.