Gerakan Senam Ibu Hamil 8 Bulan

Senam ibu hamil 8 bulan (1)

Melakukan gerakan senam ibu hamil 8 bulan adalah untuk kegiatan ibu hamil selama didalam rumah. Biasanya jika seorang ibu sedang hamil, lebih banyak melakukan kegiatan sehari-harinya didalam rumah. Jika tidak melakukan apapun, ibu tersebut akan merasakan bosan. Maka dari itu menghabiskan waktu dirumah dengan melakukan senam ibu hamil.

Senam ibu hamil merupakan terapi yang menggunakan gerakan-gerakan khusus untuk ibu hamil. Senam ini dilakukan untuk melatih otot-otot panggul dan otot-otot yang berada disekitar vagina, agar nanti dalam proses persalinannya menjadi lancar dan untuk mengendalikan emosi si ibu hamil tersebut. Beberapa gerakan yang dapat ibu hamil lakukan dalam senam ibu hamil:

#1. Melakukan gerakan hip
Cara pertama yang dilakukan adalah posisi badan ditelentangkan dan posisi lutut yang agak ditekuk. Setelah itu tarik napas melalui rongga hidung dan kencangkan pada sekitar otot perut serta bokong. Tahan hingga beberapa menit, lalu dihembuskan melalu mulut dengan perlahan-lahan agar tubuh merasa rileks. Lakukan gerakan ini sesering mungkin, apalagi jika kehamilan sudah berumur 8 bulan.

#2. Gerakan mencium lantai
Awal mula melakukan derakan mencium lantai adalah mengawali dengan posisi berjongkok setelah itu membungkuk dengan secara perlahan-lahan sampai dapat mencium lantai. Tahan posisi tersebut sampai 10 detik. Setelah mampu untuk mencium lantai, mengubah kembali dengan posisi semula. Usahakan dalam melakukan gerakan ini dilakukan sesering mungkin, karena gerakan ini akan memperbaiki posisi bayi yang seharusnya, yaitu dengan arah posisi kepala menghadap kepanggul, jika posisi bayi tersebut dengan kondisi nyungsang.

#3. Melakukan gerakan hands and back up train
Jika ingin melakukan gerakan ini, awal mula dengan mengangkat lurus lengan anda ke atas kepala. Setelah itu telapak tangan saling berhadapan. Tahan posisi tersebut dengan kira-kira selama 20 detik. Jika sudah, melakukan posisi tangan dengan cara diregangkan selebar mungkin sampai semampunya. Gerakan tersebut bisa diulang-ulang sebanyak 5 kali.

Melakukan gerakan-gerakan tersebut harus diatas matras, agar merasa aman dalam melakukan gerakan tersebut. Sebaiknya sebelum anda melakukan gerakan senam hamil, anda harus berkonsultasi dahulu kepada dokter kandungan. Jika sudah boleh melakukan senam hamil pada usia kandungan 8 bulan sebaiknya jangan terlalu membuat tenaga terkuras, yang ringan-ringan saja.

Dan jika anda masih takut akan melakukan gerakan tersebut sebaiknya anda memanggil pelatih senam ibu hamil, agar anda tidak terlalu khawatir akan janin yang ada dikandungan anda.