Program Diet Sehat Bagi Penderita Maag

Menjalankan program diet tidaklah mudah, sehingga banyak dari mereka yang melakukannya tidak mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan, salah satunya bagi penderita maag yang menjalankan program diet. Maka dari itu ada beberapa informasi bagaimana cara melakukan program diet sehat bagi penderita maag. Bagi kalian yang mempunyai penyakit maag tetapi ingin melakukan diet jangan lupa untuk membaca artikel ini.

Program diet sehat bagi penderita maag (1)

Mungkin pada awal mula anda melakukan diet akan merasa perut yang perih serta mual sehingga anda mulai enggan untuk melanjutkan diet anda. Sebenarnya jika anda melakukannya dengan tepat, menjalankan diet dapat memperbaiki sistem imun anda, membuang toksin, memperbaiki metabolisme tubuh dan memperbaiki kinerja lambung dalam mencerna makanan yang anda makan.

Supaya maag anda tidak kambuh lagi dan diet yang anda lakukan tidak sia-sia, berikut ada beberapa cara diet sehat yang dapat anda lakukan bagi penderita maag:

#1. Melakukan diet dengan bertahap
Menjalankan program diet secara bertahap sangat penting bagi penderita maag, karena jika dilakukan secara bertahap-tahap tubuh akan mulai beradaptasi untuk melakukan diet. Jika saat anda menjalankan diet tiba-tiba maag anda kambuh, sebaiknya untuk menghentikan dahulu program diet anda, setelah maag tersebut sudah sembuh baru boleh anda lanjutkan kembali untuk melakukan program diet.

#2. Hindari makanan yang dapat memicu lemak
Jika anda sedang menjalankan program diet, sebaiknya untuk menghindari makanan yang dapat membuat maag anda kambuh lagi. Misalnya makanan yang asam, pedas dan dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kopi.Program diet sehat bagi penderita maag (2)

#3. Mengatur pola makan
Makan secara teratur diwajibkan jika melakukan diet, agar tubuh tidak kekurangan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan. Dan memegang prinsip dengan menyantap makanan sedikit tetapi sering, maksudnya dalam memakan makanan anda hanya dianjurkan dengan porsi yang sedikit tetapi sering melakukannya. Jangka waktu dalam mengonsumsi makanan yaitu setiap 3 jam sekali. Agar diet berjalan dengan baik pastikan gizi dan nutrisinya tetap seimbang. Dan jangan mengonsumsi makanan dengan jumlah lemak yang tinggi.

 

#4. Olahraga secara rutin
Melakukan olahraga selain dapat menjaga kesehatan tubuh, juga dapat membakar lemak yang ada didalam tubuh. Jadi bagi anda yang sedang menjalankan program diet sebaiknya melakukan olahraga secara rutin agar lemak dan kalori yang tadi anda makan bisa terbakar dengan sempurna. Lakukan olahraga setiap 15 sampai 30 menit dalam sehari, anda bisa melakukan jogging ataupun sekedar jalan santai disekitar halaman rumah anda.

#5. Perbanyak mengonsumsi air putih
Meminum air putih yang banyak juga sangat baik untuk tubuh, karena dapat menghilangkan dehidrasi dan dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika anda sedang melakukan aktifitas setiap harinya. Anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter dalam sehari.

Bagaimana dengan cara program diet untuk penderita maag diatas, cukup mudah bukan. Tapi sebaiknya jika anda melakukan diet pada awal mula anda harus mempunyai target dan tujuan serta melakukannya secara bertahap. Misalnya target pertama anda dalam melakukan diet ingin menurunkan berat badan sebanyak 3 kg dan jika sudah tercapai barulah anda menargetkan kembali target yang kedua dan seterusnya. Semoga dengan melakukan cara-cara diatas dapat bermanfaat dan berat badan anda menjadi turun 🙂 Selamat mencoba.