Program diet nutrisi

Diet merupakan mengurangi asupan makanan yang mengandung banyak kalori dan menggantinya dengan makanan-makanan yang sehat, namun dengan porsi yang tidak banyak. Berikut salah satu diet yang dapat anda lakukan yaitu program diet nutrisi.

Program diet nutrisi (1)

Nutrisi merupakan zat yang terdapat dalam makanan atau yang sering disebut dengan sari-sari makanan. Nutrisi sangat diperlukan untuk tubuh karena merupakan sebagai pemasok sumber energi dan juga dijadikan metabolisme didalam tubuh. Seperti karbohidrat, vitamin, mineral, protein serta lemak. Berikut aturan diet nutrisi yang harus dilakukan:

1. Jangan banyak makan

Jika anda ingin melakukan diet sebaiknya harus mengatur dalam porsi makanan anda. Jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit, yang cukup-cukup saja. Lalu pilihlah makanan yang tidak banyak mengandung karbohidrat yang tinggi seperti sereal, roti gandum dalan lain-lain. Jika anda ingin memakan nasi sebaiknya porsinya diperkecil menjadi setengah.

2. Mengatur waktu makan

Sebaiknya anda membuat jadwal pola makan anda. Anda harus konsisiten dengan peraturan yang anda buat sendiri. Misalnya jika malam hari anda hanya diperbolehkan makan sampai jam 7, anda harus melakukannya sesuai dengan jadwal yang anda bikin. Jangan pernah sekali anda bertoleransi dengan apa yang anda buat.

3. Mengonsumsi buah-buahan

Jika anda ingin makan buah sebaiknya memakannya setelah satu jam anda makan makanan yang pokok. Memakan buah bisa dijadikan sebagai makanan untuk anda mengemil saja atau jika anda sudah merasa lapar tetapi tidak ingin memakan makanan yang membuat anda kenyang.

4. Hindari makanan digoreng

Jika anda ingin berhasil dalam diet anda, sebaiknya anda menghindari memakan makanan yang digoreng, contohnya gorengan. Anda hanya boleh mengonsumsi makanan yang direbus ataupun yang kukus. Makanan yang digoreng akan membuat makanan lebih banyak menyerap minyak yang digunakan untuk anda menggoreng tadi.

5. Jangan terlalu lama memasak

Jika sedang memasak dan masakan anda terlalu lama dimasak akan mengakibatkan nutrisi dan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut akan hilang. Jadi jika anda memakannya tidak dapat nutrisi dan gizinya lagi.

6. Hindari makanan cepat saji

Ini yang harus diperhatikan, jika anda memakan makanan yang cepat saji secara tidak langsung anda akan menambah kalori yang ada didalam tubuh anda. Jadi sebaiknya anda membuat makanan tersebut dirumah saja, agar anda tahu apa saja yang akan anda harus makan berikut juga dengan kandungan makanan tersebut yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Program diet nutrisi (2)