Program Diet Ibu Menyusui

Melakukan diet bukan hanya pada saat kehamilan saja tetapi setelah melahirkan dan menyusui juga disarankan untuk berdiet. Tapi banyak sebagian ibu yang masih ragu untuk berdiet karena masih menyusui bayinya. Berikut ini ada program diet ibu menyusui, agar anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin melakukan diet.

Program diet ibu menyusui (1)

Sebenarnya pada saat ibu sedang menyusui, kalori dan lemak akan terbakar sehingga terjadi penurunan berat badan. Tetapi banyak dari ibu yang masih menyusui malah sebaliknya makin bertambah gemuk dari sebelumnya, itu diakibatkan karena salah memilih dalam mengonsumsi makanan yang dimakan.

Jika ingin melakukan diet sebaiknya jangan yang terlalu ketat karena akan memperburuk pada produksi ASI untuk si bayi, sebaiknya memilih program diet yang alami saja agar nutrisi dan gizi yang diperlukan untuk si ibu dan bayinya tidak terpengaruh walaupun melakukan diet. Berikut ini ada beberapa cara dalam program diet untuk ibu yang masih menyusui:

#1. Makan sedikit tapi sering
Dalam porsi makan tidak terlalu banyak tetapi harus sering-sering, janga terlalu makan secara sekaligus karena akan menimbun lemak yang banyak. Lebih baik makan secara berkala, misalnya makan pagi dilanjut makan pada jam 10 setelah itu makan siang. makan sore dan makan malam. Hal ini dilakukan agar produksi ASI tidak berubah sehingga nutrisi dan gizi ASI tetap terjaga walaupun sedang melakukan diet.

#2. Hindari kafein, alkohol dan nikotin
Karena jika anda mengonsumsi kafein, alkohol dan nikotin akan membuat perkembangan dan pertumbuhan bayi menjadi terganggu. Jadi sebaiknya dihindari agar kesehatan ibu dan bayinya tetap terjaga.

#3. Perbanyak minum air putih
Meminum air putih dengan porsi yang banyak sangat dianjurkan, karena pada saat memproduksi ASI sangat dibutuhkan air yang banyak. Jadi sebaiknya dalam mengonsumsi air putih ditambah lagi yang tadinya hanya 2 liter sekarang ditambah 1,8 liter per harinya.

#4. Berolahraga
Melakukan olahraga juga wajib dilakukan agar program diet mendapatkan hasil yang maksimal. Olahraga bisa dilakukan didalam rumah atupun diluar. Olahraga didalam rumah misalnya naik turun tangga, sit up dan lain-lain. Dan jika dilakukan diluar rumah misalnya berlari, bersepeda, ataupun jalan-jalan disekitar luar rumah.

Jadi bagaimana untuk ibu yang sedang menyusui dan ingin melakukan diet, sekarang sudah tidak takut lagi bukan. Semoga beberapa cara diatas dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan anda walaupun sedang menyusui.