Posisi tidur ibu hamil 9 bulan

Pada masa-masa mengandung adalah hal yang paling membahagiakan bagi seorang ibu. Karna ibu tersebut bisa mengetahui bagaimana kondisi bayinya pada saat awal kehamilan. Pada kehamilan bulan-bulan awal sang ibu masih bisa tidur dengan bebas. Tetapi jika sudah masuk waktu 9 bulan, ibu mulai cemas dengan cara tidur mereka karena kondisi perut yang semakin membesar. Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana posisi tidur ibu hamil 9 bulan. Bagi ibu-ibu yang masa kehamilannya sudah masuk 9 bulan harus wajib membacanya yah :).
Posisi tidur ibu hamil 9 bulan (1)

Sebenarnya sang ibu tidak usah khawatir akan bagaimana dengan posisi tidurnya pada kehamilan yang tidak lagi muda. Sebab tubuh seorang ibu diciptakan begitu unik dibandingkan dengan seorang ayah. Karena bayi sudah memiliki ruang khusus yang dinamakan rahim yang didalamnya terdapat cairan ketuban yang memungkinkan tubuh sibayi akan mengapung dengan sendirinya. Tapi jika sang ibu tersebut khawatir atau cemas itu wajar saja karna itulah perlindungan seorang ibu kepada anak yang sedang dikandungnya.

Walaupun begitu tetap saja seorang ibu harus memperhatikan posisinya apalagi saat tidur. Berikut posisi ibu yang yang kandungannya sudah menginjak 9 bulan:

1. Posisi tengkurap

Posisi ini biasanya masih nyaman jika kehamilan masih pada minggu-minggu awal kehamilan. Tetapi pada kehamilan 12-14 minggu sampai kehamilan 20-26 minggu akan merasakan tidak nyaman melakukan posisi ini. Dan bisa diganti dengan posisi telentang atau posisi miring.

2. Posisi telentang

Dianjurkan untuk posisi ini tetapi jika kehamilan sudah memasuki minggu ke- 16 jangan melakukan posisi tersebut. Karena pada posisi kehamilan ini peletakan seluruh berat rahim kebagian belakang, usus, dan vena besar.

3. Posisi miring

Tidur posisi miring sangat baik untuk ibu yang sedang hamil. Karena dapat melancarkan aliran darah ke plasenta bayi sehingga nutrisi bayi bisa terpenuhi dengan sempurna. Manfaat lainnya dapat melancarkan sistem metabolisme pada ibu hamil.
Posisi tidur ibu hamil 9 bulan (2)
Ketiga cara diatas merupakan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Jika anda masih kurang yakin bisa ditanyakan langsung oleh bidan atau dokter kandungan. Menjaga kehamilan bukan perkara yang mudah selain menjaga kesehatan siibu yang mengandung tetapi juga melindungi bayinya yang dikandung. Semoga Bermanfaat…