Posisi Tidur Ibu Hamil 8 Bulan

Jangan meremehkan posisi tidur ibu hamil pada usia kandungan ke 8 bulan. Jika salah posisi akan menyebabkan tubuh menjadi sakit dan bisa menyebabkan kurangnya oksigen yang masuk kedalam tubuh. Tetapi tidak perlu khawatir, pada kesempatan postingan kali ini akan membahas bagaimana posisi tidur ibu hamil 8 bulan.

Posisi tidur ibu hamil 8 bulan (1)

Banyak ibu hamil yang khawatir dengan posisi tidur mereka apalagi dengan perut yang setiap bulan semakin membesar. Namun ibu hamil tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, karena tubuh wanita berbeda dengan pria, yaitu tubuh wanita diciptakan begitu unik oleh Allah swt, sehingga memberikan perlindungan kepada bayi yang ada didalam kandungan si ibu yang hamil.

Selain itu, janin yang terdapat pada kandungan tidak akan pernah merasa tidak nyaman, karena janin tersebut mengapung didalam cairan air ketuban yang memiliki ruangan tersendiri dan dapat bergerak dengan bebas. Jadi ibu hamil tidak perlu khawatir dengan posisi tidurnya. Tetapi jika ibu hamil masih merasa ragu, dibawah ini ada cara posisi tidur hamil untuk kandungan yang usianya sudah 8 bulan.

  • Posisi miring

Posisi tidur ibu hamil 8 bulan (2)

Pada posisi tidur miring kesamping akan memberikan keuntungan untuk bayi yang ada didalam kandungan yaitu mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke dalam plasenta. Hal tersebut karena vena besar dibelakang sebelah kanan spina akan mengembalikan darah dari tubuh hingga bagian bawah ke jantung. Selain itu posisi tidur seperti ini akan membuang berbagai sisa cairan pada tubuh ibu hamil sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan.

Ibu hamil bisa bergantian posisi miring kanan atau kiri, tinggal disesuaikan agar tidur menjadi nyaman. Atau bisa juga ditambahkan bantal diantara dengkul dan punggung agar lebih nyaman lagi.

  • Posisi telentang

Sebaiknya posisi ini tidak dianjurkan, karena posisi ini akan meletakkan seluruh berat janin ke bagian belakang, usus, vena besar. Tidur dengan posisi ini juga akan mengakibatkan resiko terkena sakit pinggang, gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, dan wasir. Pada posisi ini juga akan membuat ibu hamil sering merasa pusing.

Sekian bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dengan usia kandungan 8 bulan. Semoga bermanfaat.