Pantangan Makanan Ibu Hamil 8 Bulan

Pada masa kehamilan pasti banyak ibu yang gemar sekali dalam mengonsumsi makanan, apalagi jika diingat ibu bukan hanya mengonsumsi makanan untuk dirinya sendiri melainkan untuk bayi yang ada didalam kandungannya agar tetap mendapatkan nutrisi dan gizi dari makanan tersebut. Tapi tahukah anda pantangan makanan ibu hamil 8 bulan? Berikut pembahasannya.

Pantangan makanan ibu hamil 8 bulan (1)

Memiliki kehamilan yang sudah membuat perut bertambah besar mungkin banyak kekhawatiran bagi ibu hamil, apalagi pada makanan yang dikonsumsinya. Banyak dari mereka yang tidak tahu pantangan makanan apa saja yang tidak boleh dimakan khususnya pada usia kehamilan ke- 8 bulan. Berikut dibawah ini ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi ibu hamil 8 bulan:

#1. Menghindari makanan yang masih mentah dan setengah matang
Bagi ibu yang sedang hamil makanan yang seperti ini sangat dilarang, karena makanan yang masih mentah dan setengah setengah matang mungkin masih tercemar dengan kuman penyakit dan bakteri. Sehingga tidak baik untuk kesehatan ibu dan juga bayi yang ada didalam kandungannya.

#2. Mengonsumsi keju yang lunak
Keju merupakan produk susu yang tidak dipanaskan pada susu 60°C sehingga bisa saja didalam keju ini masih terdapat kuman-kuman yang menyebabkan penyakit. Tetapi masih boleh jika mengonsumsi yogurt dan keju yang yang keras.

#3. Memakan hati sapi
Mengonsumsi hati memiliki kandungan, yaitu vitamin A dan zat besi yang sangat dibutuhkan janin. Tapi mengonsumsi hati sapi pada saat hamil itu dilarang karena hati merupakan tempat dalam penyaringan racun didalam tubuh.

#4. Kafein
Mengonsumsi kafein jangan terlalu banyak jika anda sedang hamil, karena kafein tersebut dapat menembus plasenta yang akan mempengaruhi sistem pernapasan dan detak jantung pada janin. Selain itu mengonsumsi kafein yang berlebihan akan membuat berat badan badan bayi akan kurang jika lahir nanti.

#5. Menjauhi alkohol
Jangan pernah berfikir untuk mengonsumsi alkohol ketika hamil. Karena alkohol dapat berakibat buruk bagi janin, jadi sebaiknya hindarilah untuk mengonsumsi alkohol.

#6. Teh herbal
Hindarilah teh herbal dengan campuran daun raspberry atau rosemarry, karena akan memicu pada kontraksi. Tetapi jika anda ingin mengonsumsi teh hermal sebaiknya anda berkonsultasi dahulu kepada dokter agar lebih aman.