Panduan Diet Untuk Menurunkan Berat Badan Bagi Wanita

panduan diet untuk menurunkan berat badanAda banyak sekali panduan diet untuk menurunkan berat badan, apalagi bagi wanita. Mulai dari cara diet yang instan, yang membutuhkan proses, yang menggunakan pil pelangsing, sedot lemak, dan diet sehat yang alami. Nah yang patut untuk kamu ikuti adalah cara diet sehat alami dan menyehatkan untuk kamu. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Panduan Diet Untuk Menurunkan Berat Badan Bagi Wanita

1. Mengurangi asupan kalori bagi tubuh

Mulailah menghitung kandungan kalori dalam semua makanan yang Anda makan dan takarlah porsi makan kamu. Bacalah label gizi atau gunakan kalkulator kalori. Bacalah label gizi atau gunakan kalkulator kalori. Semakin sedikit asupan makanan yang kamu konsumsi, maka semakin cepat berat badan kamu turun. Namun pastikan bahwa Anda tetap mendapatkan cukup kalori untuk kelangsungan hidup kamu. Jagalah agar tubuh kamu mendapatkan asupan tidak kurang dari 1.000 kalori per hari.

2. Melakukan diet dengan pola makan yang seimbang

Pada intinya bukanlah pada quantitas atau jumlah seberapa banyak yang kamu makan, namun yang terpenting adalah makanan apa yang kamu konsumsi. Nah, pada saat kamu membatasi jumlah asupan kalori, pilihlah dengan bijaksana makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh kamu. Lakukan diet pola makan dengan mengonsumsi sebanyak mungkin makanan rendah protein dan sayuran. Makanlah buah-buahan, produk makanan dari susu, dan biji-bijian secukupnya, selain itu kurangilah asupan gula dan karbohidrat sedapat mungkin agar diet kamu berbuah maksimal.

3. Lakukan Olahraga Secara Rutin dan Teratur

Olahraga adalah salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Apalagi jika digabungkan dengan pola diet, olahraga dapat mempercepat proses penurunan berat badan melalui pembakaran kalori yang lebih banyak dan mempercepat metabolisme tubuh kamu lho! Nah untuk olahraganya, cobalah kamu latihan aerobik yang intens 5-7 hari per minggu sekurang-kurangnya 20 menit setiap kali berlatih. Di samping itu juga, kamu dapat memilih olahraga yang lainnya seperti joging, lari pagi, bersepeda, renang, berdansa, atau apa pun yang dapat meningkatkan detak jantung dan membuat kamu berkeringat karena terbakar kalorinya.

4. Buatlah menu makanan sehat dengan memasaknya sendiri di rumah

Dengan memasak sendiri makanan di rumah dapat mempermudah kamu mengukur porsi dan kandungan kalori pada menu makananmu. Tapi, jika kamu terpaksa harus makan di luar, pesanlah menu makanan sehat  yang rendah protein (seperti ikan, ayam, tempe, atau tahu) dan sayuran segar. Kamu juga bisa siapkan makan siang di pagi hari untuk dibawa ke sekolah atau ke tempat kerja agar kamu bisa berhemat.

5. Aturlah jadwal makan dan jangan makan tepat sebelum tidur

Dalam studi penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang makan camilan setelah jam 8 malam mempunyai indeks massa tubuh yang lebih tinggi daripada yang tidak, bahkan jika asupan kalorinya sama sepanjang hari. Hal ini terjadi karena pada saat tidur, metabolisme tubuh kita akan melambat secara drastis. Jadi jangan makan apa pun dalam waktu 1-2 jam sebelum tidur ya!

6, Perbanyaklah Memotivasi Diri

Akan sangat membantu jika kamu menggunakan pengingat yang mudah dilihat seperti foto-foto lama atau iklan baju yang dapat menguatkan kembali niat kamu pada saat motivasi kamu sedang turun.

7. Ajaklah teman kamu untuk melakukan diet bersama agar lebih semangat

Melakukan diet sendirian bisa membuat kamu kesepian, apalagi jika orang-orang di sekeliling kamu terbiasa dengan pola hidup yang tidak sehat. Adanya teman untuk berdiet dan berolahraga dapat menjaga motivasi kamu dan membuat diet kamu terasa sangat menyenangkan dan lebih bersemangat.

8. Hindari camilan tidak sehat dengan camilan yang sehat

Mulailah untuk mengganti camilan manis yang biasa kamu konsumsi seperti biskuit, es krim, dan keripik dengan pilihan lain yang rendah kalori seperti yoghurt dengan rasa buah atau cokelat pahit (rendah gula. Nah untuk kamu yang tinggal serumah dengan orang lain, beritahukan bahwa kamu sedang berdiet agar mereka dapat mempertimbangkan makanan yang akan dibeli.

Nah itu dia 8 tips yang bisa kamu coba untuk panduan diet menurunkan berat badan. Selamat mencoba dan rasakan perubahannya pada tubuhmu ya!