Olahraga untuk ibu hamil 9 bulan

Banyak yang menanyakan apakah Olahraga untuk ibu hamil 9 bulan itu diharuskan? Jika diperbolehkan bagaimana cara melakukannya? Ingin tahu jawabannya mari kita bahas permasalahannya dibawah ini.

Olahraga untuk ibu hamil 9 bulan (1)
Sebagian besar banyak peneliti yang mengungkapkan melakukan olahraga atau senam untuk ibu hamil pada usia kandungan 9 bulan sangat dianjurkan, alasannya untuk persiapan persalinan nanti pada saat melakukan kelahiran sibayi menjadi mudah tanpa ada kendala. Selain itu juga melakukan olahraga atau senam ini akan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat apalagi saat latihan olah nafas.

Tetapi jika tidak melakukan olahraga tersebut juga tidak mengapa. Mungkin mereka beranggapan pada zaman dahulu sebelum melahirkan sibayi, tidak melakukan olahraga atau senam apapun kelahirannya juga lancar.

Kalo dipertanyakan banyak anggapan yang setuju akan olahraga itu tetapi ada juga yang tidak setuju. Mereka mengira akan terjadi apa-apa pada keselamatan dibayi karena melakukan olahraga tersebut.

Sebenarnya tujuan utama dalam melakukan olahraga atau senam untuk ibu hamil adalah agar selalu mengontrol kesehatan siibu tersebut dan agar dapat memperlancar dalam melakukan persalinan nanti. Banyak cara yang dilakukan untuk olahraga atau senam ibu hamil ini misalnya:

– Melakukan jalan santai setiap hari, tapi jangan terlalu lama cukup

30 menit setiap pagi.

– Gerakan dengan duduk bersila dengan posisi tengak dan letakan tangan kedepan lalu merilekskan pikiran anda. Jangan sampai membuat anda menjadi stress akan kehamilan anda tersebut.
– Dapat juga melakukan gerakan berbaring miring ataupun terlentang dengan kaki diangkat dan lutut dipegang kedua tangan.

Olahraga untuk ibu hamil 9 bulan (2)

Latihan tersebut bisa dilakukan didalm rumah. Jika anda takut dalam melakukan olahraga itu sendiri lebih baik anda memanggil instruksi olahraga atau senam ibu hamil agar anda merasa aman dengan kandungan yang sedang anda kandung.

Kecukupan gizi saat mengandung sangatlah penting untuk ibu hamil tetap harus dijaga. Jangan mengandalkan suplemen kehamilan yang diberikan dokter, tetapi anda juga harus menambahnya dengan makanan yang bernutrisi dan banyak seratnya. Kurangi pemakaian pada garam, karena garam dapat menyebabkan hipertensi dan menyebabkan kaki menjadi bengkak.

Semoga bermanfaat.