Makan Nanas Untuk Ibu Hamil 9 Bulan, Itu Boleh?

Banyak mitos yang masih berkembang pada masyarakat ini contohnya masalah kehamilan. Terutama pada masa kehamilan pertama sangat terbatas akan pengalaman kehamilan, jadi mau tidak mau kita harus mengikuti tentang mitos-mitos tersebut. Salah satu mitosnya yaitu memakan nanas dapat mengalami keputihan dan juga keguguran, jika memakannya masih pada kehamilan awal. Tetapi apakah masih boleh memakan nanas untuk ibu hamil 9 bulan? Berikut pembahasannya.

nanas untuk ibu hamil 9 bulan (1)

Buah nanas atau dikenal dengan nama ilmiah yaitu nanas cosmosus. Yang memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C serta antioksidan, selain itu terdapat juga zat besi, natrium, serat alami, beta karoten, kalsium, fosfor, sukrosa, dekstrosa dan enzim bromelain yang memiliki khasiat menghambat sel kanker dan juga dalam mencerna makanan didalam tubuh. Bagi anda yang memiliki masalah akan pencernaan, buah nanas ini sangat ampuh untuh dijadikan solusi dalam masalah pencernaan yang kurang lancar atau sembelit.

Mengkonsumsi buah nanas pada masa awal kehamilan sangat dilarang, karena mengandung enzim bromelain yang dapat membahayakan pada janin yang masih muda. Kira-kira sekitar diatas usia kandungan diatas 4 bulan, baru tidak akan mempengaruhi kandungan kehamilan tersebut. Jika ibu hamil tersebut ingin memakan buah nanas harus keadaan buah tersebut yang sudah tua atau matang, bisa juga dengan buah nanas yang sudah diolah. Tetapi tetap dalam mengonsumsinya tidak boleh berlebihan hanya 1 atau 2 potong saja.

Berikut cara memilih nanas untuk ibu hamil, agar tetap aman kandungannya:

  • Pilihlah buah nanas yang beraroma harum (yang sudah matang dipohon)
  • Dalam pemilihan warna kulitnya, buah nanas tersebut harus memiliki warna kuning atau jingga segar tanpa ada yang cacat. Jangan memilih buah nanas dengan kulit berwarna hijau atau kuning pucat, biasanya itu nanas yang masih muda dan harus dihindari untuk yang sedang hamil.
  • Memilih buahnya harus yang padat dan keras, dengan daun
  • yang masih segar dan hijau. Jangan memilih buah yang lembek atau lunak, biasanya itu terkena benturan dan bisa mengakibatkan buah tersebut busuk didalamnya.
  • Memilih nanas yang memiliki mata yang besar. Itu menandakan bahwa buah nanas tersebut tumbuh dengan subur dan memiliki nutrisi yang optimal.

Sekian pembahasan ini. Jika anda masih ragu untuk mengkonsumsinya sebaiknya jangan memakannya.