Menu Diet Rendah Karbohidrat Dalam Hidup Sehari-Hari

Menu Diet Rendah Karbohidrat Dalam Hidup Sehari-HariPernahkah kamu mendengar mengenai diet rendah karbohidrat sebelumnya? Apa sih maksud dari diet rendah karbohidrat itu? Dan bagaimana Menu Diet Rendah Karbohidrat Dalam Hidup Sehari-Hari? Diet rendah karbohidrat adalah membatasi jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Banyak sekali jenis varian makanan dengan karbohidrat yang baik sebagai rekomendasi untu diet. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Menu diet rendah karbohidrat

Pada dasarnya diet rendah karbohidrat adalah membatasi jumlah asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengurangi asupan karbohidrat, insulin akan bekerja secara maksimal untuk mengubah karbohidrat yang terbatas menjadi energi.

Nah untuk menu diet rendah karbohidrat sendiri disarankan untuk mengonsumsi makanan seperti nasi atau gandum sebanyak 50 sampai 150 gram saja per hari. Selain itu bisa dilengkapi untuk kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan dengan protein tinggi, misalnya daging, unggas, ikan, telur, beberapa jenis sayuran dan buah-buahan. Untuk menu diet rendah karbohidrat bisa mengkonsumsi buah, sayur, susu, gandum, biji-bijian, dan juga kacang-kacangan. Tetapi menu diet setiap orang bisa saja berbeda, tergantung dengan saran dari dokter pribadinya.

Sementara tujuan diet rendah karbohidrat pada umumnya adalah untuk menurunkan berat badan. Selain itu, penurunan konsumsi karbohidrat dianggap mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, beberapa jenis kanker, diabetes, dan gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

Namun bukan berartdi diet ini tidak memiliki risiko. Diet rendah karbohidrat ini juga ternyata bisa menimbulkan risiko, seperti sakit kepala, letih, lesu, dan sembelit. Selain itu ada lagi beberapa kasus dengan gejalaketosis (kekurangan karbohidrat dan gula untuk menghasilkan energi) karena konsumsi karbohidrat yang sangat terbatas

Nah sebelum menjalankan diet rendah karbohidrat, alangkahbaiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kamu. Hal itu dilakukan agar terhindar dari risiko akibat kekurangan karbohidrat. Jangan lupa juga optimalkan dietmu dengan olahraga secara rutin dan minum air puth yang banyak ya!