Manfaat Taekwondo Bagi Wanita Untuk Cara Diet Yang Sehat

Manfaat Taekwondo Bagi WanitaTaekwondo merupakan cabang olahraga beladiri yang sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lampau. Olahraga beladiri yang satu ini berasal dari negara Korea. Taekwondo terkenal dengan gerakannya yang cepat dan tendangannya yang tinggi. Dan siapa bilang wanita tidka bisa melakukan olahraga ini? Buktinya banyak kok perempuan yang berlatih taekwondo dan mampu menjaga diri. Takwondo dari segi kesehatan sangat bermanfaat untuk menjadikan tubuh lebih bugar, lebih sehat dan masih banyak manfaat lainnya bagi kesehatan. Selain manfaatnya untuk kesehatan, taekwondo juga memiliki manfaat yang besar untuk kehidupan kita secara menyeluruh. Nah berikut ini adalah manfaat taekwondo bagi wanita untuk cara diet yang sehat! Yuk simak ulasannya!

Manfaat taekwondo bagi wanita untuk cara diet yang sehat

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Begitu jantung terpacu, detak jantung meningkat, sirkulasi darah juga meningkat, serta otot-otot menjadi aktif sehingga tubuh pun dipaksa untuk membakar lebih banyak kalori dan berat badan pun menjadi turun. Sehingga, melakukan olahraga taekwondo secara teratur dan konsisten dapat menjaga berat badan ideal anda.

2. Meningkatkan Refleks Tubuh

Gerak refleks berkaitan dengan sensor motorik tubuh yang bisa menjadi salah satu indikasi apakah seseorang bisa mengalami cedera atau tidak. Semakin bagus refleks tubuh, maka semakin kita terhindar dari cedera. Penelitian membuktikan bahwa mereka yang sering berlatih taekwondo lebih sering memiliki gerak refleks yang lebih cepat dan lebih baik.

3. Meningkatkan Kepadatan Mineral Tulang

Penelitian di Korea menemukan jika anak-anak yang berlatih taekwondo memiliki kepadatan mineral tulang yang sangat baik. Dan hal tersebut menunjukan jika melakukan taekwondo bisa membantu memadatkan tulang dan menjadikannya lebih kuat.

5. Membantu Menjadikan Otot Lebih Kuat

Menurut sebuah artikel yang dipublikasikan di laman taekwondo-information.org, dikatakan jika salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari berlatih taekwondo adalah untuk menguatkan otot-otot, tulang, tendon dan juga ligamen. Dan dari kesemua itu kekuatan otot yang bertambah lah yang paling dapat dirasakan.

Dan perubahannya pun lebih signifikan. Walaupun sebenarnya berolahraga taekwondo tidak dapat meningkatkan massa otot, tetapi taekwondo bisa menguatkan otot-otot karena pembakaran lemak yang terjadi saat melakukan gerakan taekwondo.

6. Menguatkan Tubuh dan Pikiran

Taekwondo merupakan olahraga yang tidak hanya mementingkan fisik, tetapi juga akan berdampak sangat positif bagi perkembangan mental. Dalam hal ini, taekwondo bisa membantu menguatkan tubuh serta pikiran kita karena dalam taekwondo sangat membutuhkan koordinasi antara fisik dan kedisiplinan mental.

7. Menyehatkan Jantung

Berlatih taekwondo melibatkan semua otot di dalam tubuh kita. Termasuk otot-otot jantung, dan hal ini sangat bagus untuk meningkatkan fungsi kerja jantung, dan menyehatkan jantung secara menyeluruh. Melakukan taekwondo minimal selama 30 menit sehari dapat membantu tubuh lebih segar dan lebih fit untuk beraktifitas.

8. Mengajarkan Cara Untuk Pertahanan Diri

Taekwondo melatih anda untuk mengenali berbagai situasi saat-saat dimana anda akan sangat membutuhkan pertahanan diri. Taekwondo juga mengajarkan bagaimana untuk bersikap dan mengambil alih situasi berbahaya tersebut menjadi lebih menguntungkan bagi kita.

9. Membangun Kedisiplinan

Berlatih taekwondo tidak hanya melulu tentang latihan fisik untuk pertahanan diri semata. Tetapi berlatih taekwondo bisa melatih tubuh dan pikiran sekaligus sebagaimana yang ada di dalam prinsip-prinsip dan berbagai teknik yang diajarkan di dalam taekwondo. Sehingga kedisiplinan pun akan terbangun seiring sering berlatih olahraga taekwondo.

10. Meningkatkan Rasa Lebih Menghargai Diri Sendiri

Manfaat kesehatan mental yang pertama yang bisa didapat oleh mereka yang berlatih taekwondo adalah mereka akan lebih menghargai diri sendiri dan dapat menerima diri mereka sebagai mana adanya

11. Membangun Rasa Percaya Diri

Berlatih taekwondo juga bisa membantu membangun rasa percaya diri dan menghilangkan rasa minder. Ini karena berlatih taekwondo memacu anda untuk dapat berhasil dalam berlatih dan mengambil kendali terhadap hidup anda sendiri dengan terus berlatih dan berlatih tanpa kenal rintangan apapun.

Wah banyak sekali ya manfaat taekwondo bagi kesehatan tubuh dan psikis kita. Bagamana anda tertaik untuk mencobanya? Jangan lupa juga ya untuk melengapi program diet sehat anda dengan berbagai konsumsi makanan sehat seperti syaur dan buah. Selamat mencoba!