Manfaat Sabun Pepaya Untuk Kecantikan Kulit

manfaat sabun pepayaSabun pepaya merupakan produk asal Thailand yang dikenal sebagai sabun kecantikan. Belakangan ini sabun papaya juga sudah mulai popular di Asia, seperti Indonesia. Mengandung ekstrak buah pepaya, sabun pepaya mempunyai khasiat pepaya untuk perawatan dan kecantikan kulit Anda. Lalu apa saja sih manfaat sabun pepaya untuk kecantikan? Yuk daripada penasaran, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Manfaat Sabun Pepaya Untuk Kecantikan Kulit

  1. Menghilangkan Jerawat

American Academy of Dermatology melaporkan bahwa sel-sel kulit mati dan minyak sebum berlebih dapat menumpuk di dalam folikel rambut. Ketika proses pengelupasan alami kulit tidak berjalan normal, terbentuklah jerawat. Dengan bantuan pengelupasan menggunakan sabun papaya, jerawat dapat dicegah dan dihilangkan.

  1. Mempecepat Peremajaan Kulit

Menurut Shirley Gillett dalam bukunya “Made Right for Your Skin Type”, sabun papaya memiliki sifat exfoliant yang kuat untuk megangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit kering serta kulit bersisik. Hal ini disebabkan sabun papaya memiliki kandungan Enzim Papain yang dapat mengkatalisis kerusakan protein bila dikombinasikan dengan air.

  1. Menghilangkan Noda

Kemampuan khusus buah pepaya juga terkandung dalam sabun papaya untuk memecah protein. Dengan kemampuan ini sabun papaya dapat digunakan untuk membersihkan beberapa jenis noda pada kain. Menurut Harald W. Tietze dalam “Papaya: The Medicine Tree”, kemampuan ini membuat sabun papaya sangat efektif untuk mengurangi dan membersihkan noda yang tinggi protein, seperti noda darah yang membandel.

  1. Menjadikan Kulit Lebih Putih

Penggunaan sabun papaya secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih putih dan cerah. Enzim papain tidak secara kimia mencerahkan kulit seperti pada beberapa krim pemutih kulit, tetapi dengan menyingkirkan lapisan kulit luar yang kusam kecoklatan maupun rusak terkena sinar matahari. Dengan demikian lapisan kulit dibawahnya yang cerah dapat muncul.

  1. Dapat Menghilangkan Gatal Akibat Gigitan Serangga

Kemampuan memecah protein yang terkandung dalam sabun papaya dapat menghilangkan rasa sakit dan gatal-gatal akibat gigitan serangga.

Demikianlah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin menggunakan sabun papaya sebagai sabun kecantikanmu. Untuk kamu yang mempunyai masalah khusus terhadap kulit, ada baiknya konsultasikan dahulu kepada dokter ya!