Manfaat Pilates Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Pilates Untuk Menurunkan Berat BadanPilates merupakan olahrag ayang termasuk ke dlaam olahraga senam. Senam pilates sudah cukup popular di tahun awal abad 20. Olahraga ini pertama kali dikembangkan oleh fisikawan, Joseph Pilates. Menurut beliau ada hubungan yang cukup erat antara mental dan fisik. Olahraga ini sempat mengalami sedikit kemerosotan penggemar. Namun belakangan ini, senam pilates mulai banyak digemari lagi. Lantas apa saja sih Manfaat Pilates Untuk Menurunkan Berat Badan ? Dan adakah manfaat lainnya untuk kesehatan? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Manfaat Pilates Untuk Menurunkan Berat Badan

  1. Senam Pilates Dapat Membentuk Postur Tubuh Ideal

Melakukan kegiatan olah raga kebugaran cukup membantu anda untuk tampil sempurna. Mengapa? Melakukan pilates akan membantu mengencangkan bagian tubuh anda yang paling menonjol dan menarik. Misalnya pada panggul, perut dan tulang belakang. Orang yang sering melakukan pilates, tubuhnya cenderung fleksibel. Ia terlihat ringan dan wajahnya segar. Sebab ketika melakukan pilates, mereka cenderung berbahagia. Dan manfaat inilah yang banyak dicari oleh kebanyakan orang.

2. Dapat Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Pilates memang tidak terlalu terkenal dan banyak peminatnya di Indonesia. Namun di Negara yang sangat mengunggulkan olah tubuh seperti tarian, pilates cukup booming juga. Siapa sangka, ternyata olah raga kebugaran ini cukup membantu anda untuk meningkatkan fleksibelitas tubuh. Seperti melakukan stretching dan beberpa gerakan yang membutuhkan keluwesan. Tarian yang cukup berpengaruh lainnya adalah ballerina.

3. Dapat Mengencangkan Otot Panggul

Otot panggul pada wanita memang paling sering sekali kendur. Biasanya mereka paling malas untuk menggerakan bagian tubuh satu itu. Anda dapat menandainya pada bagian peutnya. Apa bila perut mereka cenderung rata, biasanya otot pada panggul juga kencang. Ini menandakan bahwa ia sering kali melakukan olah raga. Berbeda dengan wanita yang memiliki perut buncit. Tentu saja otot pinggulnya kendur pula.

4. Meningkatkan Energi

Pilates di lakukan dalam keadaan tubuh yang rileks. Caranya agar tubuh mendapatkan ke rileksan adalah dengan pelan pelan agar oksigen masuk ke dalam tubuh. Dengan meningkatnya suplay oksigen di dalam tubuh membuat energy anda semakin bertambah.

5. Cocok Untuk Diet

Pilates juga salah satu program kebugaran yang baik di lakukan oleh orang orang yang sedang menjalani program diet. Sebab melakukan pilates sesuai dengan ketentuan dan dengan benar, cukup membantu untuk membakar kalori. Hal ini berimbas pada penurunan berat badan baik sedikit demi sedikit namun cukup signifcan. Dengan begitu lemak yang berlabih pada tubuh anda akan hilang.

6. Dapat Menyeimbangkan Tubuh

Melakukan pilates juga mampu meningkatkan keseimbangan tubuh anda. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan otot perut yang sedang anda bentuk. Sasaran utama orang melakukan pilates adalah untuk mengencangkan otot perutnya. Hal ini sangat erat kaitanya untuk meningkatkan keseimbangan tubuh anda agar baik. Biasanya di pakai pula oleh para atlet.

7. Pilates merupakan Olahraga Yang Mudah Dipelajari

Pilates tergolong olah raga yang harus memiliki instruktur ketika hendak melakukannya. Namun sebenarnya syarat itu tidak mutlak harus di perlukan. Asalkan anda melihat video mengenai petunjuk melakukan pilates, saya rasa anda sudah cukup mampu melakukan pilates sendirian. Paling penting adalah pengetahuan anda melakukan gerakan pilates sesuai dengan metodenya. Supaya sasaran pilates ini tepat.

8. Meningkatkan Kekuatan Otot Perut

Otot perut adalah salah satu bagian otot yang terlatih dengan baik saat melakukan latihan pilates, termasuk otot bagian tengah tubuh yang lain seperti punggung dan dasar panggul. Meningkatnya kekuatan otot bagian tengah tubuh dapat meningkatkan keseimbangan, kekuatan dan juga memperbaiki postur tubuh.

9. Menghilangkan Stres

Melakukan olah raga kebugaran pilates juga mampu mengatasi rasa stress yang menghantui anda. Mengapa bisa? Hal ini sangat erat berkaitan dengan intonasi gerakan yang lambat. Dengan begitu, anda akan merasa lebih rileks dari biasanya. Otot juga terasa lebih ringan. Sejenak anda mampu melupakan masalah yang selama ini melingkupi kehidupan anda.

Demikianlah manfaat manfaat dari senam pilates. Selain melakukan senam ini untuk diet anda, anda juga perlu mengoptimalkan program diet anda dengan pola makan yang sehat. Yakni dengan perbanyak makan sayur dan buah serta menjauhi makanna siap saji. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya!