Manfaat Kacang Hijau Untuk Diet

Manfaat kacang hijau untuk dietKacang hijau dapat diolah menjadi berbagai macam menu hidangan yang lezat. Namun sebaiknya Anda memperhatikan cara memasaknya agar tidak kehilangan berbagai macam nutrisi yang terdapat dalam kacang hijau. Nah tahukah anda bahwa tenryata kacang hijau bisa dijadikan sebagai menu andalan diet lho! Lantas apa saja sih manfaat kacang hijau bagi kesehatan dan tentunya Manfaat kacang hijau untuk diet? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini ya!

Manfaat kacang hijau untuk diet

Nah sebelum mengetahui manfaatnya, anda terlebih dahulu perlu mengeathui apa saja sih keunggulan yang terdapat di dalam kacang hijau. Yuk simak!

  • Sumber Protein

Kacang hijau merupakan sumber alternatif protein nabati. Kacang hijau mengandung protein tinggise banyak 7 gr/100 gr. Protein yang terkandung memiliki asam amino lengkap. Protein pada kecambah kacang hijau sudah berkurang jumlahnya yaitu hanya 3 gr/100 gr, tetapi asam aminonya sebagian dalam bentuk bebas yangcepat diserap tubuh.

  • Kaya Serat

Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sekitar 7,6 gr/100 gr. Kandungan serat ini mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebesar 30%. Serat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi (sembelit).

  • Rendah Karbohidrat

Karbohidrat yang terkandung dalam kacang hijau adalah 19 gr/100 gr. Cukup rendah dan baik untuk dikonsumsi dalam program diet maupun program pembentukan badan (muscle building).

  • Mengandung Lemak Sehat

Asam lemak esensial yang terkandung dalam kacang hijau adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

  • Kaya Vitamin & Mineral

Kacang hijau mengandung asam folat dan vitamin B (thiamin) yang tinggi yakni sebesar 0,2 mg/100 gr. Selain itu juga kaya vitamin B lain, seperti riboflavin, B6,asam pantothenat, serta niasin. Vitamin yang terkandung didalamnya membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

Nah setelah tahu apa saja kandungan dari kacang hijau, berikut ini adalah manfaat yang diberikan dari kacang hijau:

1. Menurunkan Berat Badan
Beberapa kandungan kacang hijau seperti serat, protein, lemak sehat dan rendah karbohidrat sangat cocok sebagai menu diet untuk membantu menurunkan berat badan. Anda bisa memasukkan kacang hijau kedalam menu harian.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan
Hal ini disebabkan karena kacang hijau mengandung serat yang cukup tinggi sehingga membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk dalam usus. Serat bertindak sebagai pencahar dan juga membantu melindungi selaput lendir di usus besar, seperti manfaat pepaya. Mengurangi waktu eksposur zat beracun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus. Serat dalam jumlah yang cukup juga telah terbukti mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

3. Membantu Pembentukan Sel-Sel Tubuh

Protein yang terdapat dalam kacang hijau dapat membantu pembentukan sel-sel tubuh sehingga secara tidak langsung peran ini sangat berkaitan dengan manfaat perbaikan pertumbuhan badan.

4. Membantu Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Kecambah kacang hijau mengandung enzim-enzim aktif yang meningkatkan penyerapan nutrisi pada proses metabolisme tubuh.

Lalu bagaimana sih cara memasak kacang hijau yang benar sehingga didapatkan hasil yang maksimal?

Seperti yang terjadi pada proses memasak bahan makanan alami berwarna hijau, merebus kacang hijau akan menghabiskan beberapa nutrisi penting di dalamnya, terutama mineral dan vitamin C. Setiap 100 gram porsi kacang hijau mentah memiliki sekitar jumlah yang sama dari protein, vitamin B dan vitamin A dan E. Namun setelah melalui proses perebusan, membuat  hijau kacang kehilangan 30 % kalium, besi dan magnesium, serta 20 persen dari kandungan vitamin C di dalamnya.

Sangat dianjurkan untuk melakukan perebusan kacang hijau dalam waktu yang tidak terlalu lama, untuk menghindari pelepasan nutrisi penting kacang hijau ini.

Namun yang menjadi catatan adalah kacang hijau mengandung asam oksalat, yakni zat alami yang ditemukan di beberapa sayuran yang dapat mengkristal, sebagai oksalat atau batu di saluran kemih pada beberapa orang. Pada beberapa orang yang memiliki riwayat adanya batu pada saluran kemih, disarankan untuk tidak makan sayuran seperti kacang hijau.

Demikian ulasan seputar manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan untuk diet anda. Semoga bermanfaat ya!