Makanan Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan tubuh yang ramping bisa anda lakukan dengan menjaga pola makan sehat dan olahraga secara rutin. Dengan disiplin menjalani diet tersebut maka berat badan yang ideal bisa dengan mudah anda dapatkan. Namun untuk mempertahankan berat badan ideal tidak semudah mendapatkannya. Karena suatu hari anda bisa saja tergoda lagi untuk makan makanan favorit yang banyak mengandung lemak dan bahan pemanis. Dan hal itu pun bisa mempengaruhi serta membuat berat badan anda menjadi naik lagi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Adakah makanan untuk menjaga berat badan ideal? Nah simak ulasan selengkapnya berikut ini ya!

Makanan Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Untuk menjaga berat badan ideal, anda harus selalu menjaga makanan anda. Sebisa mungkin hentikan konsumsi maknana cepat saji dan minuman minuman tidak sehat seperti soda dan alkhohol. Nah berikut ini adalah makanan makanan yang baik untuk anda konsumsi dalam rangka menjaga berat badan di batas ideal:

  1. Tempe

Mengandung protein dan genistein. Sama seperti tahu, tempe yang terbuat dari kedelai juga kaya isoflavon yang tak hanya bermanfaat bagi kesehatan. Tempe juga meningkatkan pembakaran lemak, menekan rasa lapar, dan mengurangi penumpukan lemak di sekitar perut.

2. Telur (bagian putih saja)

Mengandung protein, vitamin A, D, dan E. Orang yang makan 2 butir telur saat sarapan biasanya akan lebih merasa kenyang sepanjang hari, ketimbang mereka yang sarapannya tanpa telur. Asyiknya lagi, Anda jadi makan siang lebih sedikit.Untuk resep membuatnya, buatlah scramble egg (putih telur) menggunakan dua butir telur. Tambahkan jamur kancing dan sedikit keju rendah lemak. Makanlah bersama roti gandum, atau sebagai isian roti gandum bersama daun selada.

3. Tahu

Tahu memiliki kandungan protein dan genistein. Genistein adalah isoflavon yang membuat kedelai memiliki begitu banyak manfaat kesehatan. Ternyata, genistein juga meningkatkan pembakaran lemak, menekan rasa lapar, dan mengurangi penumpukan lemak di sekitar perut.Untuk menu diet sehatnya, cobalah tofu dan tahu cukup luwes dicampur dalam berbagai sup, tumisan, bahkan  dicampur bersama agar-agar untuk camilan.

Makanan Untuk Menjaga Berat Badan Ideal4. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak ini pintar mengatur tubuh agar aktif membakar kelebihan lemak. Hebatnya lagi, asam ini juga memicu produksi leptin, yaitu hormon yang mengirim rasa kenyang ke otak. Dengan begitu, Anda jadi tak makan berlebihan. Untuk resep menu diet sehatnya buatlah sushi salmon, steak salmon atau salad salmon. Lengkapi dengan daun selada dan tomat, serta bumbu yang minimalis. Asam lemak omega 3 juga banyak terdapat pada ikan tuna, makarel, dan sardin.

5. Bayam
Bayam mengandungglutathione, alpha lipoic acid, dan serat. Satu cangkir bayam hanya mengandung 41 kalori. Namun, semua kandungan tersebut membuatnya ampuh mengikat kolesterol jahat (LDL) dan membawanya ke luar tubuh. Juga, membuat perut lebih kenyang.Untuk menu diet sehatnya buatlah sayur bayam, salad bayam, atau pasta isi bayam. Alternatif, jadikan bayam sebagai pengganti daun selada dalam isian sandwich.

6. Susu rendah lemak
Susu mengandung kalsium dan protein. Kalsium dan protein yang terkandung dalam makanan berbahan dasar susu (dairy food) rendah lemak ternyata bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga massa otot. Kalsium akan membantu tubuh mengolah lemak lebih efisien dan meningkatkan tenaga. Susu yang tinggi kalsium dan rendah lemak mampu meningkatkan thermogenesis (membakar lemak) dan metabolisme. Berkat kandungan proteinnya, minum susu juga memberi rasa kenyang lebih lama ketimbang minum jus. Akhirnya, keinginan ngemil sembarangan juga menghilang.

7. Yoghurt rendah kalori
Yoghurt mengandung protein dan kalsium. Manfaatnya sama seperti susu. Bagi Anda yang tubuhnya susah mencerna susu (intoleransi laktosa), yoghurt adalah jawabannya. Apalagi jika yoghurt tersebut diperkaya bakteri baik, sehingga kerja pencernaan menjadi lebih lancar. Jika anda merasa bosan minum yoghurt dengan cara yang itu – itu saja, maka anda bisa variasikan yoghurt sebagai salad dressing, atau dicampur bersama buah-buahan dengan blender.

Nah itu dia makanan serta minuman yang bisa menjadi menu diet sehat anda sheari-hari. Maka dijamin insyaAllah berat badan anda akan tetap berada di batas ideal. Selamat mencoba ya!