Makanan untuk ibu hamil 8 bulan

Asupan pada ibu hamil haruslah diperhatikan untuk kesehatan ibu dan anak yang ada didalam kandungannya. Apalagi jika kehamilan sudah memasuki usia kedelapan bulan, pasti janinnya sudah hampir sempurna. Jadi harus seperti apakah makanan untuk ibu hamil 8 bulan.

makanan untuk ibu hamil 8 bulan (1)

Pada usia kehamilan yang kedelapan bulan plasenta dan paru-paru janin sudah mencapai kematangan hampir maksimal, serta otak janin juga sudah semakin berkembang dengan pesat. Dan juga janin sudah mulai beradaptasi pada aktivitas siang dan malam hari. Jadi dalam asupan makanan si ibu seharusnya lebih diperhatikan lagi agar perkembangan janinnya menjadi berkembang dengan sempurna.

Berikut ini makanan yang dapat ibu hamil makan ketika kahamilannya sudah kedelapan bulan, agar memberikan manfaat yang lebih banyak lagi untuk perkembangan janin.

1. Mengonsumsi kacang kedelai

Banyak terdapat kandungan yang terdapat pada kacang kedelai, yaitu vitamin B1, B2, B6 dan B12. Manfaat B1 dan B2 adalah agar metabolisme untuk tubuh ibu hamil dan janinnya menjadi terpenuhi. Dan untuk vitamin B6 serta B12 memiliki manfaat untuk pembentukan sel darah merah dan DHA. Selain itu yang terdapat pada vitamin B6 yaitu dapat membantu dalam metabolisme tubuh serta berperan pada sel saraf. Makanan lainyang juga terdapat vitamin tersebut, antara lain susu atau ikan.

2. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran juga mempunyai manfaat dalam tubuh. Sayuran yang dapat dimakan yaitu sayuran yang berwarna hijau dan orange. Sayuran yang berwarna orange mengandung banyak vitamin A, vitamin C, magnesium dan serat. Vitamin A dapat membantu dalam perkembangan embrio serta membantu kekebalan tubuh. Mengonsumsi vitamin A dapat membantu kelahiran si bayi agar tidak prematur. Vitamin A bisa didapatkan pada wortel dan hati ayam. Memakan sayuran bisa dikombinasikan dengan sayuran hijau ataupun sayuran orange agar si ibu hamil tidak bosan saat memakannya.

Makanan untuk ibu hamil 8 bulan (2)

3. Memakan nasi merah

Memakan nasi merah lebih banyak manfaatnya dibandingkan nasi putih. Apalagi untuk ibu hamil pada kehamilan kedelapan bulan harus mengonsumsi nasi merah. Karena nasi merah mengandung serat, yang dapat membantunya jika si ibu sedang sembelit. Makanan lain yang dapat dimakan ibu hamil untuk memenuhi karbohidratnya adalah mengonsumsi umbi-umbian, kentang,serta kacang-kacangan.

4. Mengonsumsi air putih

Perbanyaklah minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi didalam tubuh. Karena perbanyak air putih pada usia kandungan kedelapan dapat mengatur suhu tubuh si ibu serta dapat menjaga kesehatan sampai menjelang persalinan.

Jangan lupa perbanyak mengonsumsi buah-buahan agar mendapat vitamin dan serat dari kandungan buah tersebut. Demikian sangat penting untuk menjaga asupan makanan pada ibu hamil yang usia kandungannya sudah kedelapan bulan. Semoga dari beberapa makanan diatas dapat membantu sampai menjelang waktu persalinan.