7 Hal Ini Yang Sering Menjadi Keluhan Ibu Hamil 9 Bulan

Keluhan ibu hamil 9 bulan (1)Dimasa akhir dalam kelahiran pasti banyak sekali peristiwa penting pada fisiologis si ibu, seperti keluhan ibu hamil 9 bulan. Pada perubahan emosi si ibu, karena perubahan janin pada setiap bulannya. Banyak hal yang harus dilakukan pada masa-masa menjelang persalinan.

 

Pada usia kehamilan yang kesembilan bulan banyak hal yang terjadi. Berikut yang biasa ibu keluhkan pada usia kandungan kesembilan, seperti:

#1. Kaki menjadi bengkak
Jika si ibu mengalami keluhan kaki menjadi bengkak dan diikuti dengan kenaikan tekanan darah, akan sangat berbahaya untuk ibu yang sedang hamil dan bayi yang ada dikandungannya.

#2. Sesak nafas
Ibu yang sedang hamil pasti akan mengalami sesak nafas. Hal ini terjadi karena perkembangan janinnya yang semakin hari semakin berkembang dan mengakibatkan perut si ibu menjadi membesar. Jika hal tersebut sampai membuat siibu sampai pingsan dan sampai mengganggu aktifitasnya, sebaiknya harus diwaspadai bisa jadi sebagai gejala dalam penyakit jantung.

#3. Sakit pinggang dan punggungnya
Hal tersebut terjadi karena sang ibu terlalu kelelahan dalam melakukan aktifitas sehari-harinya. Sebaiknya mengurangi yang dapat membuat siibu kelelahan dan menjaga saat postur duduknya agar tidak membungkuk.

Keluhan ibu hamil 9 bulan (2)

#4. Sering berkunang-kunang
Hal ini sangat lumrah terjadi pada ibu yang sedang hamil. Karena tekanan darahnya yang rendah akan mengakibatkan kepalanya sering berkunang-kunang. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya nada langsung duduk dengan posisi kaki yang diluruskan.

#5. Kaki menjadi kram
Pada ibu yang sedang hamil sering kali mengalami kram pada kakinya, yang diakibatkan karena perubahan perutnya. Hal tersebut dapat dikurangi jika sang ibu mengonsumsi makanan yang berkalsium, seperti susu, ikan salmon dan lain-lain.

#6. Sering mengalami insomnia
Sulit tidur sering kali dialami ibu yang sedang hamil. Mungkin karena posisi tidurnya yang kurang nyaman ataupun merasa nyeri pada sekitar perutnya, Hal ini dapat diatasi dengan pijatan agar menangani susah tidur pada ibu hamil.

#7. Lebih cepat lelah
Keadaan cepat lelah pasti sering dialami ibu hamil, apalagi pada saat kehamilan yang sudah menginjak 9 bulan. Kita sering melihat bukan kalau ibu yang sedang hamil itu lebih sering beristirahat jika sedang melakukan sesuatu.