Diet Pagi Hari dengan Menu Sarapan Sehat

diet pagi hariSarapan sehat adalah sarapan yang mencakup segala nutrisi yang diperlukan tubuh. Sarapan sehat juga dibutuhkan untuk membuat mood kita menjadi lebih baik. Kita pun bisa lebih semangat beraktivitas sepanjang hari dengan sarapan yang sehat. Sehingga pada saat siang hari, nafu makan kita tidak terlalu berlebihan. Lantas apa sih perbedaan antara Diet Pagi Hari dengan Menu Sarapan Sehat dengan sarapan yang tidak sehat? Yuk temukan jawabannya di ulasan berikut ini!

Diet Pagi Hari dengan Menu Sarapan Sehat

Sarapan sehat adalah sarapan yang mengandung cukup nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat, dan senyawa lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Sementara sarapan sehat adalah sarapan yang tidak memenuhi asupan gizi. Berikut contohnya sarapan sehat dan tidak sehat:

  • Sarapan Sehat dengan Mencakup Banyak Nutrisi

Sarapan pagi yang mengenyangkan dan menyehatkan:

  • Cukup karbohidrat kompleks (bukan karbohidrat nasi).
  • Cukup lemak baik.
  • Cukup nutrisi, vitamin dan mineral.
  • Cukup Protein dan asam amino.
  • Cukup air putih

Sarapan sedengan metode seperti ini akan menyediakan nutrisi yang diperlukan sel tubuh. Jadi jangan sarapan asal kenyang saja ya! Kita pun harus selalu memperhatikan kandungan nutrisi seta gizi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan berenergi!

  • Sarapan Tidak Sehat Dengan Terlalu Banyak Kandungan Karbohidrat

Di pagi hari (jam 6-7 pagi), kandungan karbohidrat sederhana seperti nasi, roti putih, mie, roti panggang akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan tubuh melepaskan insuliln yang cukup besar.

Hasilnya adalah penurunan tingkat gula darah (karena habis terpakai dalam). Kemudian pada jam 12-13 anda makan siang, gula darah anda kembali naik drastis dikarenakan untuk mencerna nasi maka pankreas terpaksa harus memproduksi insulin lebih banyak lagi.

Tubuh kemudian kelelahan dan gula darah menurun pada pukul 3-4 sore, jam tersebut kamu akan merasa lapar lagi dan ingin ngemil sesuatu yang berlemak tinggi. pada malam hari kamu mengkonsumsi nasi lagi dan menyebabkan kadar gula darah naik kembali secara drastis. begitulah seterusnya yang akhirnya menurunkan tingkat metabolisme tubuh kamu.

Jadi bagaimana sudah bisa membedakan kan antara sarapan sehat dan tidak sehat?