Diet Ibu Hamil 8 Bulan

Menurunkan berat badan dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil, tetap harus tetap dijaga asupan nutrisi dan gizinya agar kebutuhan tersebut dapat terpenuhi untuk janin yang ada didalam kandungan dan ibu yang mengandung. Berikut ini ada salah satu diet yang prioritaskan untuk diet ibu hamil 8 bulan. Berikut pembahasannya.

Diet ibu hamil 8 bulan (1)

Salah satu alasan ibu hamil ingin melakukan diet yaitu agar lebih sehat dan mempersiapkan untuk masa persalinannya nanti, karena pada saat persalinan dibutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Untuk ibu hamil harus melakukan diet yang sehat dan tidak ketat, agar tidak mengganggu proses kehamilannya. Dibawah ini ada beberapa cara untuk diet bagi ibu hamil yang usia kandungannya 8 bulan:

#1. Mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan

Konsumsilah sayuran dan buahan karena didalam banyak sekali kandungan mineral dan vitamin. Selain itu juga mengandung serat yang akan menghindari terjadinya sembelit atau konstipasi. Selain itu mengonsumsi banyak sayuran dan buahan akan membuat tubuh tampak terlihat segar. Namun harus diperhatikan dalam penyimpanannya agar tidak terkontaminasi dengan bakteri yang akan membahayakan ibu dan janinnya. Sebaiknya disimpan didalam lemari es dan mencucinya sebelum dimakan.

#2. Perbanyak minum air putih

Minum air putih juga dapat menghilangkan dehidrasi pada tubuh. Apalagi untuk ibu hamil, akan bermanfaat sebagai mengatur suhu tubuh dan mengatur metabolisme sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh.

#3. Hindari junk food

Makanan junk food mengandung lemak yang jenuh sehingga akan menambah lemak yang sudah menumpuk didalam tubuh. Sebaiknya menghindari untuk mengonsumsinya dan beralih dengan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan dan makanan yang lebih banyak mengandung serat, protein dan vitamin.

#4. Beralih mengonsumsi nasi merah

Nasi merah lebih banyak manfaatnya dibandingkan nasi putih. Walaupun tekstur dan rasa yang aneh jika baru pertama kali mencobanya, namun nasi memiliki kandungan serat yang tinggi, mampu untuk mengatasi masalah sembelit.

#5. Mengonsumsi camilan sehat

Biasanya ketika hamil akan bertambah dengan nafsu makannya, karena ibu hamil bukan hanya mengonsumsi makanan untuk dirinya sendiri melainkan untuk janin yang ada didalam kandungannya. Ibu hamil bisa mensiasatinya dengan mengonsumsi buah-buahan yang segar, yogurt rendah lemak, salad sayuran atau salad buah-buahan.

Diet ibu hamil 8 bulan (2)

#6. Olahraga

Jika ibu hamil ingin melakukan olahraga, sebaiknya yang tidak terlalu berat. Melakukan pekerjaan rumah itu sudah termasuk olahraga, tetapi jangan terlalu cape jika sudah tidak sanggup sebaiknya jangan dipaksakan.