Cara Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Saat Liburan

Kurangi porsi yang Anda makan Idealnya, untuk memaksimalkan program diet kedua hal di atas perlu diubah. Tapi, bukan ide yang baik pula jika Anda mengubah keduanya secara mendadak. Di sinilah kebanyakan orang membuat kesalahan. Mengubah pola makan memang bukan perkara mudah, dan Anda tidak perlu melakukan perubahan secara radikal karena program ini merupakan program jangka panjang yang membutuhkan konsistensi. Misalnya saja tiba-tiba Anda sama sekali tidak mengonsumsi nasi putih dan hanya mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Memang berat badan Anda akan turun drastis, tapi apakah Anda yakin pola makan seperti ini akan bertahan lama dan tidak menyiksa? Itulah sebabnya disarankan untuk melakukan perubahan secara bertahap. Jika nasi putih tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan, Anda bisa mengurangi porsinya atau menggantinya dengan nasi merah. Masih sama-sama nasi, namun nasi merah lebih kaya gizi dan rendah kalori. Ini lebih baik daripada tidak makan nasi sama sekali.Saat liburan adalah saat tubuh merilekskan diri dan melakukan apa saja yang diinginkan, termasuk untuk memakan makanan kesukaan kita. Tak jarang di antara makanan kesukaan itu terdapat makanan makanan yang mengandung banyak kalori dan lemak. Hingga tanpa disadari, tubuh kita pun menjadi melar dan timbangan naik saat liburan hampir usai. Nah jangan sampai hal itu terjadi pada anda ya. Kalau bisa, justru moment liburan itu anda jadikan sebagai moment untuk program diet sehat. Jadi walaupun sedang libur, tetaplah untuk menerapkan gaya hidup yang sehat dan makan makanan sehat. Di bawah ini adalah beberapa cara sehat untuk menurunkan berat badan saat liburan. Yuk simak ulasannya!

Cara sehat untuk menurunkan berat badan saat liburan

Selama liburan datang, kita menjadi manusia yang kerap meninggalkan latihan rutin dan pola makan sehat yang selama ini kita jalani. Dan banyak sekali alasan di balik itu, entah kita terlalu sibuk dan tidak punya waktu untuk berlatih ataupun sederet hidangan lezat yang menggugah selera membuat kita sulit mempertahankan pola diet sehat.

Dengan perencanaan dan disiplin yang baik, Anda tetap dapat melanjutkan program diet dan latihan Anda untuk meraih goal pembentukan tubuh ideal Anda serta mencegah kenaikan berat badan yang sangat umum terjadi setelah musim liburan.

Nah berikut ini adalah tips-tips untuk pola hidup sehat anda:

  1. Bijak saat Ngemil

Memang liburan adalah moment yang biasa dimanfaatkan untuk makan makan. Nah, jika memang Anda tidak bisa menghindari ngemil  maka Anda bisa mulai dengan makan protein terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar anda mudah merasa kenyang, baru kemudian makan makanan sumber karbohidrat di akhir. Dan ingat, setelah itu kembalilah ke pola diet Anda dan tetap lakukan latihan teratur agar berat badan Anda tidak naik secara drastis.

2. Jadwalkan latihan

Buatlah jadwal latihan yang terencana. Jadi bukan hanya menandai acara acara atau moment penting saja, tapi alangkah baiknya jadwalkan juga pada hari apa saja Anda akan melakukan latihan. Setelah memiliki jadwal latihan tertulis, sekarang Anda hanya perlu untuk mematuhinya. Anda pun jadi tidak lupa kapan waktu latihan.

3. Tetap jalani pola latihan rutin
Tetap jalani pola latihan rutin agar Anda masih tetap dapat meningkatkan massa otot Anda dengan tetap berlatih di rumah jika Anda tidak sempat untuk pergi ke gym. Selama liburan, bahkan 20 menit latihan akan jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. Dan ini tentu sangat efektif untuk menjaga metabolisme tubuh Anda tetap aktif sehingga tubuh akan terjaga dari penumpukan lemak berlebih.

Anda bisa lakukan latihan bodyweight training seperti push up, squat, crunch, lunge, ataupun jika Anda memiliki dumbbell, Anda bisa lakukan lebih banyak latihan. Lalu jangan lupakan kardio. Jika tidak ada treadmill atau sepeda statis, Anda bisa pilih jogging, lompat tali, berenang, dan sebagainya.

4. Tingkatkan Aktivitas Fisik Secara Berkala

Jika sebelumnya Anda sering bangun siang dan bermalas-malasan sambil menonton TV, alangkah baiknya jika Anda mencoba untuk bangun lebih pagi dan melakukan 20-30 menit jogging di sekitar komplek perumahan Anda.

Jika Anda malas untuk keluar rumah, ada beberapa latihan kardio di rumah yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori seperti jumping jack, mountain climber, dan lompat tali. Ada pula bodyweight training seperti push up, dips, dan squat yang bisa Anda coba di rumah. Jika Anda membutuhkan tantangan yang lebih dahsyat, kombinasikan latihan kardio dan bodyweight training dalam circuit training untuk membakar kalori lebih banyak lagi.

5. Kurangi Porsi Makan Anda

Untuk mengubah pola makan memang bukan perkara mudah, dan Anda tidak perlu melakukan perubahan secara radikal karena program ini merupakan program jangka panjang yang membutuhkan konsistensi. Jika nasi putih tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan, Anda bisa mengurangi porsinya atau menggantinya dengan nasi merah. Masih sama-sama nasi, namun nasi merah lebih kaya gizi dan rendah kalori. Ini lebih baik daripada tidak makan nasi sama sekali.

Demikianlah ulasan seputar tisp diet sehat saat liburan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!