Cara Menurunkan Berat Badan Untuk Orang Tua

Memiliki tubuh yang ideal bukan hanya pada usia remaja saja tetapi pada orang tua juga masih menginginkan tubuh yang ideal. Namun bagi orang tua yang ingin menurunkan berat badan, harus selalu memperhatikan kesehatannya. Jangan sampai hanya gara-gara ingin menurunkan berat badan justru malah jatuh sakit. Dibawah ini akan membahas bagaimana cara menurunkan berat badan untuk orang tua. Jangan lupa disimak.

Cara menurunkan berat badan untuk orang tua (1)

Tampil dengan tubuh yang ramping pasti didambakan semua orang, dan yang tidak kalah juga dengan orang tua yang masih ingin tubuh sewaktu masih remaja. Tetapi harus diperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar nutrisi dan gizinya tetap terpenuhi. Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan bagi para orang tua:

1. Mengonsumsi karbohidrat kompleks

Untuk orang tua dibutuhkan karbohidrat sekitar 45 sampai 60 persen dari total energi, bisa didapatkan dengan mengonsumsi karbohidrat yang kompleks jangan yang sederhana, misalnya dari roti gandum, gandum, umbi-umbian dan lain-lain. Hal tersebut juga akan membuat lebih lama kenyang.

2. Kurangi mengonsumsi makanan yang manis

Sebaiknya untuk menghindari kalau bisa tidak mengonsumsi makanan dengan rasa yang manis. Hal ini dilakukan agar mencegah penyakit diabetes. Selain itu, terlalu sering memakan makanan yang manis juga tidak baik untuk kesehatan.

3. Perbanyak mengonsumsi serat

Makanan yang berserat tinggi sangat baik untuk sistem pencernaan agar tidak terjadi masalah sembelit. Lebih baik banyak memperbanyak mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dibandingkan mengonsumsi makanan dengan lemak yang tinggi.

4. Mengonsumsi protein

Mengonsumsi protein dapat diperoleh jika mengonsumsi ikan, daging sapi dan ayam yang tidak berlemak. Ikan mengandung omega 3 yang tinggi yang meningkatkan kecerdasan, makanan ini juga akan membuat orang tua yang sering mengalami pelupa menjadi bisa teratasi.

Cara menurunkan berat badan untuk orang tua (2)

5. Mengurangi makanan berlemak

Jika sudah orang tua sebaiknya untuk mengurangi makanan yang berlemak. Walaupun lemak juga dibutuhkan pada tubuh sebaiknya untuk dikurangi dalam pengonsumsiannya, agar tidak menyebabkan obesitas sentral atau obesitas berat.

6. Rajin berolahraga

Selain menjaga asupan makanan, sebaiknya melakukan olahraga, agar lemak dan kalori yang tadi sudah dikonsumsi dapat terbakar. Untuk orang tua bisa memilih olahraga cardiovascular. Bisa dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.