Cara Menurunkan Berat Badan Untuk Ibu Menyusui

Cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui (1)Untuk mengembalikan tubuh anda setelah melahirkan itu membutuhkan usaha yang cukup berat, apalagi jika anda masih menyusui bayi anda. Belum lagi nutrisi yang harus diberikan untuk bayi anda dalam menyusui itu harus terpenuhi. Berikut ini ada beberapa cara menurunkan berat badan untuk ibu menyusui.

Mengalami penaikan berat badan bukan hanya pada ibu yang sedang hamil saja tetapi pada pasca setelah melahirkan dan masa-masa saat anda menyusui, penaikan berat badan juga akan terjadi. Hal ini juga harus mendapatkan perhatian yang khusus jika anda masih ingin memiliki tubuh seperti anda sebelum hamil. Anda bisa melakukannya tanpa harus menyiksa diri anda, berikut ini ada usaha-usaha yang dapat lakukan dalam menurunkan berat badan untuk menyusui:

1. Yakin
Dalam menurunkan berat, anda harus yakin kalau anda bisa melakukannya tetapi harus dengan cara yang alami jangan sampai anda berfikir untuk menurunkan berat badan dengan melakukan hal yang instan apalagi jika anda masih dalam proses menyusui bayi anda.

2. Perlahan tapi pasti
Melakukan penurunan berat badan dengan cara yang alami haruslah dengan perlahan agar hasilnya memuaskan. Walaupun memerlukan waktu yang tidak sedikit tapi nanti lihat hasilnya bukan hanya berat badan anda yang turun tetapi anda juga akan tetap sehat. Daripada melakukan cara yang instan, justru akan timbul masalah nantinya.

3. Perbanyak minum air putih
Dalam memproduksi ASI didalam tubuh dibutuhkan air yang cukup. Sehingga bagi ibu menyusui yang menjalankan program menurunkan berat badan lebih baik memperbanyak dalam pengonsumsian air putih. Selain itu mengonsumsi air putih juga dapat membakar lemak yang ada ditubuh anda, membuang racun didalam tubuh dan juga dapat mengecilkan perut anda. Mengonsumsi air putih juga dapat menghilangkan dehidrasi.

4. Memakan makanan yang sehat
Dalam pemilihan makanan juga harus diperhatikan, jangan sembarangan dalam memilih makanan. Karena bukan anda saja yang makan tetapi bayi anda juga makan lewat ASI yang anda berikan. Jadi sebaiknya berhati-hati dalam memilih makanan. Anda bisa memilih makanan yang berserat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

5. Olahraga
Melakukan olahraga juga diperlukan dalam menurunkan berat badan. Jadi sering-seringlah dalam melakukannya. Tidak perlu olahraga dengan cara yang keras, anda juga bisa melakukannya dengan cara yang ringan, yang penting anda bisa membakar lemak-lemak yang ada didalam tubuh anda. Misalnya lari-lari kecil disekitar halaman ataupun melakukan naik turun tangga.

6. Melakukan pekerjaan rumah
Bagi seorang ibu dalam melakukan pekerjaan rumah mungkin sudah biasa dilakukan. Ternyata jika seorang ibu sering melakukan pekerjaan rumah juga dapat menurunkan berat badannya, apalagi pekerjaan tersebut juga tidak terlalu berat untuk seorang ibu yang masih menyusui anaknya. Misalnya memasak, menyapu, mencuci, menyetrika dan lain-lain.

Demikian usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan walaupun sedang menyusui.

Untuk para ibu yang masih menyusui bayinya dan ingin menurunkan berat badannya, postingan iniĀ  jangan lupa dibaca yah.