Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan yang Efektif

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah MelahirkanSetiap perempuan yang tengah mulai mengandung dan menjalani masa kehamilan, pasti mengalami pelonjakan berat badan. Hal itu terjadi karena beberapa faktor, misalnya hormon, ukuran berat bayi, dan nafsu makan yang bertambah. Namun kesulitannya adalah mengembalikan bentuk dan berat badan seperti semula setelah melahirkan. Karena ketika sehabis melahirkan, kita tetap akan memiliki nafsu makan yang berlebih. Di samping tiu kita juga harus selalu mencukupi nutrisi ASI untuk sang buah hati. Nah ini dia cara menurunkan berat badan setelah melahirkan agar langsing kembali serta ibu dan buah hati pun tetap terjaga kesehatannya! Yuk simak ulasannya!

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan yang Efektif

  • Mengasuh Bayi Sendiri

Mengasuh bayi tanpa bantuan baby sitter ternyata bisa membuat kamu cepat langsing kembali setelah melahirkan lho! Bayangakan saja jika semua pekerjaan kamu kerjakan semuanya sendiri. Seperti  memandikan bayi, ,mengganti popok, menggendong bayi, menidurkan bayi, menyusui hingga mengajak bayi bermain. Semua pekerjaan itu ternyata sudah menguras energi yang bisa membuat tubuh kamu kembali ramping.

  • Bakar Lemak dengan Naik Turun Tangga

Jika rumahmu mempunyai 2 lantai, latihan naik-turun tangga bisa membantumu membakar lemak tubuh. Manfaat lain adalah menguatkan otot paha, kaki, dan perut. Latihan ini cukup mudah dan bisa dilakukan di dalam rumah. Saat berlatih, letakkan si kecil di luar kamar agar tetap terpantau olehmu.

  • Menyusui

Tahukah kamu bahwa enyusui ternyata tidak hanya berdampak positif untuk bayi?! Namun juga bagus untuk membantumu menurunkan berat badan. Karena saat kamu memberikan ASI eksklusif, maka sudah terjadi pengurangan timbunan lemak pada tubuh kamu. Tumpukan lemak yang disimpan akan dipergunakan untuk memproduksi ASI bagi buah hati. Jadi kalau ibu menyusui, maka timbunan lemak di dalam tubuh akan hilang dan berat badan pun akan berkurang.

  • Cobalah Untuk Berlatih Push Up di Kamar Tidur

Kamu bisa mencoba latihan push up di kamar. Jangan lupa gunakan matras agar punggungmu tak alami cedera. Rutin berlatih  push up, akan mengencangkan perut dan perlahan lemak di seputar perut pun terkikis. Kamu bisa melakukan latihan ini ketika buah hatimu sedang pulas tertidur. Nah satu lagi yang bisa kamu lakukan di dalam kamar, yaitu latihan peregangan (stretching) dan pernapasan agar tubuh lebih rileks. Latihan ini kamu lakukan di sela-sela aktivitas mengurus si kecil seperti di antara mengganti popok dan mencuci botol. Di antara aktivitas tersebut coba sejenak ambil matras dan lakukan yoga atau pilates sejenak. Walaupun sejenak, kegiatan fisik ini bisa cukup ampuh menjadi penghilang stress lho!

  • Gym

Jika sebelum hamil kamu rajin ke gym untuk fitness, sekaranglah saatnya kamu mulai lagi aktivitas menyenangkan tersebut. Jangan kuatir, Bu!  Karena justru olahraga akan membantu staminamu kembali pulih, pasca melahirkan. Namun jika kamu merasakan nyeri , infeksi atau pendarahan ketika nge-gym, segera berhenti dan periksakan ke dokter.  Yang pasti, kamu tidak boleh langsung nge-gymsetelah melahirkan. Ingat, beri jeda setelah satu atau dua bulan ya, Bu!

  • Jalan -Jalan bersama Si Kecil

Kamu bisa mulai berjalan-jalan di sekitar komplek rumah dan sengaja mencari jalan-jalan yang menanjak. Sebab jalan yang menanjak lebih mengeluarkan energi dan membakar kalori, apalagi bila kamu melakukannya secara intens. Kamu juga bisa ajak si kecil jalan-jalan keliling kompleks perumahan atau ajak suami berbelanja ke mini market terdekat tanpa menggunakan kendaraan. Di samping diet, kamu bisa sekalian menghemat juga kan?

  • Membersihkan dan Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Cobalah buat list apa saja pekerjaan rumah yang bisa kamu kerjakan. Misalnya mengepel dengan berjongkok, mencuci baju tanpa bantuan mesin cuci, membersihkan dapur, atau meyikat kamar mandi. Atur kegiatan agar lebih bervariasi seperti menyikat kamar mandi seminggu dua kali, mencuci baju setiap hari, mencuci piring dua kali sehari dan mengepel setiap hari. Atur semua kegiatan ini dengan cara membunyikan alarm untuk mengingatkanmu. Kalau kamu bisa menjalaninya dengan disiplin, maka pekerjaan rumah tangga ini bisa juga berfungsi membakar kalori di tubuhmu.

Nah itu dia cara efektif untuk mengembalikan berat badanmu seperti semula. Selamat mencoba ya!