Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dan Menyusui

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dan MenyusuiSetiap ibu yang habis melahirkan dan menyusui pasti mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan. Hal ini dikarenakan oleh banyak faktor, bisa jadi karena perubahan hormon setelah melahirkan ataupun dari faktor asupan makanan. Namun jangan hanya karena berat badanmu naik dan tubuhmu melar lantas kamu segera melakukan diet. Ada baiknya kamu sabar terlebih dahulu dan lebih memperhatikan kesehatanmu dan nutrisi penting untuk buah hati. Nah ini dia Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dan Menyusui yang efektif untuk ibu lakukan! Yuk simak ulasan di bawah ini ya!

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dan Menyusui

Jika kamu ingin melakukan Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dan Menyusui, kamu perlu menyusun prioritas dan langkah langkah diet yang efektif. Jangan sampai kamu tergesa gesa dan memaksan diet secara ngotot karena itu tidak akan berjalan baik. Berikut adalah langkah-langkah diet untuk ibu lakukan:

#1. Langkah pertama adalah dengan membiarkan berat badan kamu berkurang secara alami
Sebagai ibu yang tengah hamil, kamu tidak harus melaksanakan diet dengan tergesa-gesa dan dipaksakan. Karena jika dipaksakan diet terlalu ketat, hal itu bisa berdampak tidak baik bagi kecukupan nutrisi tubuh ibu dan bayi.

#2. Hindari Makanan yang bisa mengganggu pencernaan bayi
Ada banyak makanan bisa mengganggu pencernaan bayi seperti soda, bumbu, cabe, bawang putih, dan makanan dengan kandungan gas tinggi sebagai kubis, kembang kol, tauge brussel, dan brokoli. Tetapi memang tidak semua bayi alergi dengan makanan-makanan tersebut. Namun ada baiknya jika kamu menghindarkan diri dari konsumsi makanan tersebut untuk beberapa waktu selama masih menyusui.

#3. Cukupi Kebutuhan Cairan Untuk Tubuh
Cegah dehidrasi pada tubuh ibu dengan minum air putih. Sebab ASI untuk bayi juga membutuhkan tambahan asupan air. Ibu juga harus menambahkan porsi cairan ibu menjadi sekitar 1.8 liter air per hari. Selain dari air putih, kandungan air ini juga bisa Anda dapatkan dari konsumsi buah-buah, susu, jus, sayuran, sup, dsb.

#4. Berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter
Untuk para ibu yang ingin fokus mengecilkan perutnya pasca operasi caesar dapat melalui beberapa latihan terutama latihan yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan. Pada wanita yang mengalami operasi caesar akan membutuhkan waktu enam minggu untuk meredakan nyeri dan pemulihan sayatan. Nah alangkah baiknya untuk mengkonsultasikannyadengan dokter untuk mengurangi resiko latihan pasca operasi sesar.

#5. Menerapkan pola hidup yang sehat
Setelah para ibu melahirkan dengan cara caesar, biasanya akan sangat khawatir dengan gerakan yang akan dilakukan, salah satunya kekhawatiran yang akan memperburuk kondisi sayatan di bagian perut. Nah disinilah point pentingnya, bahwa para ibu harus konsisten dalam mendisiplinkan pola hidup sehat, di antaranya mendisiplinkan pola makan sehat, mendisiplinkan latihan latihan setelah melahirkan yang aman seperti jalan kaki di pagi hari atau senam nifas. Ibu pun harus bersabar dalam menjaga gaya hidup yang sehat, mungkin pada awalnya akan mengalami kesulitan. Namun tetaplah bersabar dan tenang sehingga dapat menyesuaikan dengan gaya hidup yang sehat dan  fokus dengan tujuan untuk mengecilkan perut.

#6. Membentuk postur tubuh yang baik
Postur tubuh yang tidak baik dapat anda nilai dari cara duduk, cara duduk yang sering kali merosot dari sofa adalah tanda bahwa ibu belum menemukan postur tubuh yang baik. Ahli kebugaran menyarankan untuk duduk dengan posisi tegak yang akan membantu ibu merampingkan bagian perut setelah melakukan operasi caesar.

#7. Mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi
Disarankan untuk ibu yang telah melalui persalinan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan juga perhatikan pola maka ibu. Alangkah baiknya untuk menghindari makanan yang mengandung pengawet seperti makanan siap saji, minuman bersoda dan  kandungan gula yang berlebihan. Karena makanan tersebut selain tidak baik untuk kesehatan juga dapat membuat berat badan ibu semakin melonjak tinggi. Ibu perlu membiasakan pola makan yaitu  porsi kecil akan tetapi sering dapat membantu  ibu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi air susu bagi bayi dan juga menjaga berat badan ibu setelah persalinan.

Demikianlah 7 tips diet setelah melahirkan dan menyusui. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil ya!