Cara Menurunkan Berat Badan Saat Bulan Puasa Ramadhan

Cara menurunkan berat badan saat bulan puasa ramadhanBulan ramadhan adalah bulan adalah penuh keberkahan. Karena segala amal ibadah dan amal shaleh selama bulan ramadhan itu dilipatgandakan pahalanya. Bulan ramadhan bukan hanya menahan lapar dan dahaga, tapi juga lebih dalam tentang itu. Bulan ramadhan kita juga harus menahan hawa nafsu. Seperti menahan marah, menahan pandangan terhadap yang bukan muhrim, menahan emosi, dan selalu berprasangka baik terhadap apapun takdir Allah. Pada bulan ramadhan kita juga diwajibkan utnuk berpuasa. Puasa tidak hanya untuk beribadah, namun juga tubuh bisa semakin lebih sehat dan tentunya berat badan pun akan menurun dan terjaga ideal. Nah untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, ini dia cara menurunkan berat badan saat bulan puasa ramadhan yang bisa kamu lakukan dengan tetap meniatkan diri untuk meraih ridho Allah semata!

Cara menurunkan berat badan saat bulan puasa ramadhan

#1. Tips Sehat Saat Makan Sahur

  • Sebaiknya hindari fast-Food, gorengan atau makanan pedas saat sahur karena akan mengganggu pencernaan pada siang harinya.
  • Menu yang disajikan sebaiknya yang mengandung air yang banyak atau buah sekalian sehingga tubuh tidak dehidrasi parah saat berpuasa nanti. Kurma juga dapat membuat tubuh bugar seharian.
  • Paling baik ketika sahur adalah meminum susu, karena susu akan mencegah anemia yang menyebabkan badan lemas pada siang harinya.
  • Ketika sahur sebaiknya hindari makanan yang manis atau terlalu banyak gula, karena asupan makanan/minuman yang manis akan menyebakan tubuh yang lemas pada siang hari saat berpuasa.
  • Akhiri santap sahur dengan segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh anda. Minumlah suplemen ataupun multivitamin yang biasa anda konsumsi ataupun yang disarankan oleh dokter anda.
  • Cukupi asupan air tubuh kamu. Usahakan untuk meminum setidaknya lima gelas air putih sebelum tidur. Sebelum waktu imsak tiba, minumlah air yang cukup, tiga hingga lima gelas. Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

#2. Tips Sehat Saat Berpuasa

  • Melakukan olahraga ringan seperti peregangan atau berjalan kaki saat berpuasa sangat disarankan. Selain membantu menjaga berat badan, olahraga juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh kamu.
  • Kerjakan tugas-tugas kamu dengan perlahan tapi pasi. Jangan menumpuk pekerjaan yang dapat membuat stress, karena stress juga menyebabkan otak lelah dan akhirnya perut terasa lebih lapar.
  • Istirahatlah sejenak, bila pada saat jam istirahat lebih baik Anda pakai untuk tidur sejenak, setalah sholat zuhur adalah waktu terbaik untuk tidur sejenak. Tidur selama 15 menit saja sudah dapat membangkitkan kembali semangat.

#3. Tips Sehat Saat Berbuka

  • Segerakan berbuka, namun jangan kalap. Setelah berbuka dengan yang manis, dahulukan sholat Magrib agar perut tidak kaget, barulah makan makanan kesukaan Anda!
  • Jika kamu sedang berada di perjalanan pulang, jangan lupa menyiapkan ta’jil/ makanan berbuka sebelum Anda berangkat pulang ya. Kurma adalah makanan ta’jil terbaik untuk membatalkan puasa. Dan jangan jajan sembarangan yang tidak sehat!
  • Mengurangi karbohidrat sederhana dengan menggantinya dengan karbohidrat kompleks bisa dimulai dengan menjauhi nasi. Selain itu kamu tetap bisa mengkonsumsi makanan yang ada karbohidratnya seperti roti. Jika kamu merasa lapar di malam hari kamu pun memilih camilan buah atau jus yang lebih menyehatkan.
  • Jangan mentang mentang kamu sudah berlapar lapar lantas kamu berbuka puasa dengan terlalu banyak. Jangan balas dendam. Rasulullah juga mengajarkan kalau kita harus makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang. Nah, sahur dan berbuka juga seperti itu ya.
  • Biasanya setelah makan kita pasti jadi merasa nagntuk. Tapi, biasakan jangan langsung tidur ya. Karena, selain bisa menimbulkan penyakit seperti diabetes, makanan yang sudah masuk perut jadi susah dicerna. Dan akhirnya, tidak baik untuk kesehatan. Habis buka puasa, salat magrib, lalu tarawih. Habis sahur, duduk, salat subuh, bekerja.
  • Jangan jadikan Bulan Puasa sebagai alasan berhenti olahraga. Justru olahraga harus semakin digiatin lho. Karena yang tadi itu. Di bulan ini, orang biasanya cenderung malas beraktivitas, jadinya lemak semakin menumpuk di tubuh dan selamat, badan mekar deh.

Demikianlah tips-tips sehat selama kamu berpuasa saat ramadhan. Semoga bermanfaat dan berkah ya!