Cara Menurunkan Berat Badan Pria Secara Alami Cepat dan Efektif

cara menurunkan berat badan pria secara alami cepat dan efektifKebanyakan cara diet atau program penurunan berat badan ditujukan untuk kaum wanita. Namun bukan berarti kaum pria tidak membutuhkannya. Walaupun memang kebanyakan masalah berat badan berlebih terjadi pada wanita. Pria pun juga tak sedikit yang mengalami maslaah berat badan berlebih dan perut buncit. Hanya saja, pria tidak terlalu mempermasalahkanya, sedangkan bagi wanita penampilan adalah nomor satu. Lalu bagaimanakah cara menurunkan berat badan pria secara alami cepat dan efektif? Yuk baca ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara menurunkan berat badan pria secara alami cepat dan efektif

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab perut buncit, di antaranya minum minuman alkhohol, stress, dan nafsu makan yang tidak terkontrol. Stres bisa menjadi salah satu penyebabnya. Saat stres, nafsu makan akan meningkat. Akibatnya, pria akan makan dalam porsi berlebih.

Memang, tidak mudah bagi pria untuk mau melakukan diet. Nah triknya adalah jangan terlalu terpaku pada program dietnya, tapi tanamkan di pikiran anda untuk melakukan pola hidup sehat. Nah berikut ini adalah tips-tips hidup sehat yang tentunya dapat membantu menurunkan berat badan:

#1. Makan Makanan yang Sehat dan kurangi jajan di luar

Misalnya ganti bahan olahan masakan yang mengandung lemak jenuh, seperti santan, susu full cream dengan susu kacang kedelai. Belajarlah memasak makanan yang sehat di rumah sendiri. Anda bisa melihat resepnya dari buku ataupun media internet. Anda pun bisa melihat proses atau cara kerjanya di youtube. Manfaatkanlah kecanggihan teknologi untuk kehidupan anda sehari hari.

#2. Hindari Camilan tidak sehat dan ganti dengan yang lebih sehat

Jangan memenuhi lemari makanan dengan keripik kentang, kacang kulit, atau pop-corn plus minuman bersoda. Gantilah dengan dengan buah-buahan, roti gandum, serta air mineral kemasan.  Jangan menyimpan makanan siap saji seperti nugget, kentang goreng, mi instan atau kornet.

#3. Hindari kebiasaan makan terlalu cepat

Kaum pria kebanyakan makan dengan cepat dan lebih cepat daripada wanita. Nah hindarilah makan dengan cepat. Kebiasaan makan dengan cepat ternyata dapat membuat tubuh semakin gemuk. Sebab, rasa kenyang baru terasa setelah 15-20 menit setelah kunyahan pertama. Anda bisa mengajak teman anda untuk makan siang atau makan malam bersama. Dengan ngobrol bersama teman, anda pun akan makan lebih perlahan.

#4. Jangan makan dengan porsi yang berlebihan

Mulailah mengurangi sajian nasi di meja makan. Sebaliknya, porsi sayuran diperbanyak. Jadi, jika anda masih lapar, tapi nasi sudah habis, pilihannya tinggal dua. Berhenti makan atau menyantap sayuran.

#5. Tidak tidur sehabis makan

Saat tidur tubuh menjadi sangat relaks, sehingga gerakan usus amat lambat. Karena tidak ada kalori yang terbuang, lemak yang masuk bisa langsung menumpuk di dalam tubuh. Jadi, harus ada jeda antara antara waktu makan dan tidur, setidaknya selama 30 menit. Manfaatkan waktu sehabis makan dengan memberekan peralatan makan atau mencuci piring, sehingga anda tidak akan mudah tidur sehabis makan.

#6. Olahara Latihan Beban

Olahraga dapat membantu mempercepat metabolisme, membakar lemak dan kalori yang sudah diasup oleh tubuh. Dengan begitu tidak ada kalori yang menumpuk dan menjadi lemak di dalam tubuh. Lakukan olahraga berupa kardio, seperti lari, berenang, atau olahraga kompetisi seperti futsal atau voli. Anda juga bisa melakukan latihan yang fokus untuk mengecilkan bagian tubuh tertentu, seperti sit up untuk mengecilkan perut atau push up untuk melatih kekuatan tangan.

Mudah bukan cara diet untuk pria Karena pada dasarnya pria memang lebih muda membakar lemak ketimbanga wanita. Apa alasannya? Nah berikut penjelasannya!

  •  Hormon testosteron menyebabkan massa otot pria lebih banyak daripada wanita, sehingga pembakarannya lebih banyak.
  • Wanita memiliki hormon estrogen yang berfungsi menumbuhkan organ kewanitaan, sehingga tubuh wanita memang menyimpan lemak lebih banyak.
  • Setelah usia 30-an, tubuh wanita akan lebih sulit membakar lemak karena terjadi penurunan growth hormone dan progesteron. Kedua hormon ini berperan dalam proses pembakaran lemak.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan kenapa kaum pria lebih mudah melakukan pembakaran lemak daripada wanita. Nah bagi anda kaum pria, jangan terlalu cuek ya pada kesehatan dan berat badan.