Cara Menurunkan Berat Badan Pada Ibu Menyusui

Sehabis melahirkan memang membuat tubuh menjadi membesar dan melebar, apalagi pada saat masa-masa anda menyusui pasti tambah melebar saja badan anda. Walaupun begitu anda boleh saja melakukan diet untuk menurunkan berat badan meskipun anda sedang menyusui bayi anda. Berikut ini ada cara menurunkan berat badan pada ibu menyusui.

Cara menurunkan berat badan pada ibu menyusui (1)

Jika anda ingin melakukan penurunan berat badan harus dengan cara yang alami agar tidak mengganggu kesehatan anda serta bayi anda yang masih menyusui. Jangan pernah sekali-sekali anda mengonsumsi obat-obatan pelangsing, karena jika nanti anda berhenti mengonsumsinya berat badan anda akan lebih bertambah dari yang sebelumnya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menurunkan berat badan untuk ibu menyusui:

#1. Memperbanyak minum air putih
Selain dapat menghindari dehidrasi pada tubuh, meminum air putih juga dapat membuat produksi ASI semakin banyak. Jadi konsumsilah air putih dengan banyak, dalam sehari anda bisa meminum air putih sebanyak 8 gelas, diperbanyak juga diperbolehkan.

#2. Jangan mengonsumsi teh diet
Teh diet mengandung kafein yang tinggi, sebaiknya dihindari untuk mengonsumsinya. Lebih baik anda meminum kopi ataupun teh biasa, itupun jangan terlalu banyak, mengonsumsinya jika sedang ingin meminumnya saja.

#3. Perbanyak buah-buahan
Mengonsumsi buah-buahan sangat banyak manfaatnya, dan buah-buahan bisa dijadikan sebagai camilan sehat dibandingkan harus memakan camilan yang banyak mengandung kalori dan lemak.

#4. Mengonsumsi makanan berprotein
Makanan yang berprotein juga sangat bagus untuk ibu dan bayi yang masih menyusui. Contohnya seperti telur, ayam, ikan, dan daging sapi. Pada awal kehamilan sampai ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi banyak ikan, karena ikan mengandung omega 3 yang baik untuk kecerdasan bayi.

#5. Rutin olahraga
Olahraga yang ringan juga dapat dilakukan agar bisa menurunkan berat badan. Misalnya seperti melakukan aktifitas rumah, yaitu mengepel, menyapu, menggosok dan lain-lain. Atau bisa juga dilakukan diluar rumah jika anda bosan didalam rumah terus, misalnya jalan-jalan sambil menggendong bayi anda, ataupun jalan-jalan disekitar mall, itu juga dapat dilakukan agar tubuh anda selalu bergerak dibandingkan hanya berdiam diri dirumah.

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi agar anda dan bayi anda tetap terpenuhi asupan gizinya serta anda dan bayi anda tetap sehat walaupun anda sedang menjalankan program menurunkan berat badan.