Cara Menurunkan Berat Badan Pada Anak Itu Mudah

Cara menurunkan berat badan pada anak (1)Kelebihan berat badan atau yang biasa disebut dengan kegemukan (obesitas) merupakan salah satu masalah yang dialami pada seluruh masyarakat yang ada didunia. Kegemukan bukan hanya dialami oleh orang dewasa, ternyata pada akhir-akhir ini banyak sekali kita temui anak-anak yang memiliki berat badan yang berlebihan. Jika anak anda salah satu yang mengalami hal tersebut berikut saran kami dalam cara menurunkan berat badan pada anak.

Kelebihan berat badan pada anak sangatlah mengganggu untuk melakukan aktifitasnya setiap hari. Karena anak tersebut dapat mengalami kesulitan dalam bergerak dan juga akan terganggu pertumbuhannya, yang disebabkan karena timbunan lemak yang berlebihan pada organ-organ tubuh yang seharusnya dapat berkembang lagi. Belum lagi pada psikologis yang akan anak anda dapatkan ketika berada disekolah, pasti sering kali anak anda menjadi bahan ejekan bagi anak-anak yang lainnya. Tentu anda  tidak menginginkan itu semua terjadi bukan pada anak anda.

Jika anak anda suka sekali memakan makanan yang yang dapat memicu bertambahnya kembali lemak didalam tubuhnya. Sebaiknya mulai sekarang ajarkan anak anda untuk mengubah pola makanan untuk memakan makanan yang sehat saja. Ini dilakukan agar tidak terjadi penambahan lemak didalam tubuh. Cara-cara lain yang dapat anda ajarkan kepada anak anda agar mau dalam menjalankan program menurunkan berat badannya sebagai berikut:

#1. Memberikan pengetahuan tentang betapa pentingnya kesehatan
Jika anda menginginkan anak untuk mengurangi berat badannya, sebaiknya anda selalu menyediakan video ataupun majalah tentang kesehatan. Agar anak anda tahu bahwa makanan yang selama ini dimakannya akan menyebabnya kesehatannya terganggu, terutama pada penambahan berat badannya.

#2. Mendorong anak agar melakukan latihan fisik
Memberikan motivasi kepada anak anda untuk melakukan latihan-latihan fisik. Karena pasti anak-anak selalu menolak untuk melakukannya, mereka beranggapan sangat capek jika harus melakukan latihan-latihan tersebut.

#3. Beri contoh kepada anak
Kebiasaan anak untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat biasanya akibat anggota keluarganya yang selalu menghidangkan makanan tersebut. Sebaiknya anda dan keluarga anda harus mengubah semua pola makan yang dapat menyebabkan penambahan lemak didalam tubuh. Karena semua tingkah laku dan kebiasaan anak selalu berawal dari lingkungan sekitarnya.

#4. Selalu menyiapkan semua makanan
Cobalah untuk selalu menyimpan makanan yang banyak didalam rumah. Agar anak anda tidak selalu membeli makanan diluar rumah. Yang pastinya makanan yang disediakan dirumah lebih sehat dibandingkan makanan diluar. Contoh makanannya seperti buah-buahan yang segar ataupun makanan kecil yang rendah kalori.

#5. Membatasi kegiatan si anak
Biasanya orang tua selalu membiarkan dan membebaskan anak mereka untuk melakukan kegiatannya. Misalnya bermain Ps, gadget, ataupun komputer. Ini sangat berbahaya karena jika selalu dibiarkan anak anda akan selalu mendorong untuk mengemil yang berlebihan dan mengurangi pergerakan fisik dan aktivitas anak-anak lainnya. Sebaiknya anda sebagai orang tua harus memberikan batasan waktu bermain pada anak anda.