Cara Menurunkan Berat Badan Menurut Agama Islam

Cara Menurunkan Berat Badan Menurut Agama IslamMenurut agama islam, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk dalam hal berat badan. Jika kamu mengalami masalah berat badan berlebih, kamu harus menerapkan pola hidup sehat. Nah sebagai umat Islam, teladan yang paling utama adalah Rasulullah SAW. Rasulullah adalah teladan bagi Umat Islam karena sempurna dalam setiap perilakunya. Termasuk dalam pola makan dan pola hidup Rasulullah saw. Terbukti selama hidupnya, Rasulullah SAW hanya pernah 2 kali sakit sepanjang 63 tahun. Padahal saat itu, kondisi alam jazirah Arab sangat keras, ditambah lagi dengan aktivitas dakwah beliau yang sangat tinggi, dan banyaknya peperangan fisik yang dijalani. Daya tahan fisik dan mental beliau luar biasa. Berikut adalah Cara Menurunkan Berat Badan Menurut Agama Islam!

Cara Menurunkan Berat Badan Menurut Agama Islam

  1. Bersikap selektif terhadap makanan

Rasulullah SAW sangat memperhatikan makanan yang memenuhi syarat halal dan thayyib (baik). Halal berkaitan dengan urusan akhirat, yaitu halal cara mendapatkannya dan halal barangnya, sedangkan thayyib berkaitan dengan urusan duniawi, seperti baik tidaknya atau bergizi tidaknya makanan yang dikonsumsi.

  1. Konsisten dan selektif pada minuman dan cara meminumnya.

Rasulullah SAW sangat menyukai madu yang dicampur dengan air.

  1. Makan dengan tenang, tumaninah (konsentrasi & tertib)

Rasulullah SAW tidak tergesa-gesa dalam makan dan dalam tempo sedang.

  1. Cepat tidur dan cepat bangun.

Beliau tidak pernah tidur melebihi kebutuhan, namun tidak pula menahan diri untuk tidur sekadar yang dibutuhkan.

  1. Tidurlah dengan cara yang benar.

Rasulullah tidur menghadap kiblat dan menghadap ke arah kanan yang dinilai bagus untuk pencernaan.

  1. Konsisten melakukan shaum sunnah.

Beberapa shaum sunnah yang beliau anjurkan diantaranya adalah shaum Senin Kamis, ayyamul bith, shaum Daud, shaum enam hari di bulan Syawal, dsb. Secara ilmiah, shaum juga terbukti sangat bermanfaat.

  1. Selain tips fisik di atas, Rasulullah SAW juga sangat mantap dalam ibadah ritualnya, khususnya sholat, sehingga beliau pun memiliki keterampilan yang tinggi dalam mengelola emosi, pikiran dan hati. Penelitian-penelitian terkini dalam bidang kesehatan membuktikan bahwa kemampuan dalam mengelola hati, pikiran dan perasaan, serta ketersambungan yang intens dengan Allah SWT akan menentukan kualitas kesehatan seseorang, jasmani maupun rohani.

Nah salah satu program diet yang bisa kamu jalankan dengan puasa adalah puasa Senin Kamis. Dan tahukah kamu bahwa puasa 2 kali dalam seminggu juga sudah mulai banyak diadaptasi oleh program diet lain dengan nama diet 5:2 yakni 5 hari tidak puasa, dan 2 hari puasa. Akan tetapi alangkah baiknya jika kamu konsisten melakukan puasa senin kamis sebagai ibadah dan tanda cinta terhadap sunnah Rasulullah. Bukan itu saja, berikut ini adalah manfaat dan keajaiban dari puasa Senin-Kamis:

  • Membantu peremajaan sel-sel kulit

Sel-sel kulit manusia yang sudah mati perlu diganti atau dengan kata lain diremajakan kembali. Nah puasa senin kamis berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh manusia yang berhenti saat berpuasa. Hal itu menyebabkan sel-sel tubuh dapat bekerja bisa lebih aktif lagi.

  • Mengencangkan kulit

Seperti halnya peremajan kulit, saat Anda berpuasa sehari penuh metabolisme dalam tubuh juga ikut beristirahat sehingga membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Hasilnya, antara lain, organ tubuh luar, seperti kulit akan lebih sehat dan kencang.

  • Mengeluarkan racun dalam tubuh

Racun atau toksin yang bercampur dalam lemak dan darah berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Dan untuk mengeluarkan racun tersebut bukan hanya dengan berolah raga saja. Namun kamu bisa berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif.

  • Mengistirahatkan organ pencernaan

Organ – organ tubuh manusia, seperti organ pencernaan manusia perlu diistirahatkan dan perlu dikosongkan. Pengistirahatan tersebut bisa didapatkan melalui puasa senin – kamis. Sehingga setelah istirahat tersebut, organ – organ tubuh kamu bisa melakukan kinerjanya lebih baik lagi.

Wah banyak sekali ya manfaat dari menjalankan sunnah Rasulullah. Selamat menjalankan hidup sehat dengan islami ya!