Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Air Putih yang Efektif, Sehat, dan Alami

cara menurunkan berat badan dengan air putihAir putih memang kerap menjadi minuman yang disepelekan oleh banyak orang. Padahal air putih merupakan minuman terbaik untuk kesehatan karena memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk mencegah dehidrasi, meningkatkan metabolisme yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Nah berikut ini adalah cara menurunkan berat badan dengan air putih yang efektif, sehat, dan alami! Yuk simak ulasan selengkapnya!

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Air Putih yang Efektif

1. Minumlah 1 gelas air putih tiap sebelum makan

Tahukah kamu bahwa menurut penelitian, mereka yang teratur minum air putih sebelum makan mengonsumsi lebih sedikit kalori dan menunjukkan hasil yang lebih baik dalam menurunkan berat badan. Jika kamu rutin minum air putih tiap sebelum. selama, dan setelah makan, maka dapat membantu pencernaan dan mempercepat pencernaan. Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap memonitor jumlah makanan dan asupan kalori.

2. Hindari minuman manis dan gantilah dengan air putih

Dari pada minum soda, minuman beralkohol, smoothie, atau minuman tinggi kalori lainnya, pilihlah segelas atau sebotol air putih. Mengganti minuman tinggi kalori dengan pilihan yang tanpa kalori bisa mengurangi ratusan kalori per hari, yang pada gilirannya bisa membantu penurunan berat badan.

3. Minumlah air putih sepanjang hari dan bawalah air putih kemanapun kamu pergi

Minum air putih membuat Anda merasa kenyang walau tidak mengonsumsi camilan dan kopi tinggi kalori. Kamu tentu akan makan lebih sedikit ketika mengemil karena telah merasakan sensasi kenyang. Mengonsumsi lebih sedikit kalori setiap hari dapat mempercepat penurunan berat badan. Dengan membawa air putih kemanapun kamu pergi juga dapat mencegah rasa lapar kamu yang datang tiba tiba.

4. Seimbangkan tiap makan makanan berlemak dengan air putih.

Seimbangkan tiap konsumsi makan makanan berlemak dengan minum air putih. Sebab air putih dapat mendetoks tubuh kamu dari berbagai racun dan zat zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

5. Minum air dingin dapat membantu membakar lemak lebih cepat

Dalam sebuah penelitian pada termogenesis induksi air, para peneliti menemukan bahwa air meningkatkan pengeluaran energi baik pada pria maupun wanita, kemungkinan disebabkan oleh usaha tubuh untuk menghangatkan air agar sesuai dengan suhu tubuh. Nah Pada penelitian tersebut, pria membakar lemak dalam rangka menyediakan energi untuk menghangatkan air, sedangkan wanita membakar karbohidrat. Sementara efek metabolisme yang meningkat dimulai sekitar 10 menit setelah minum air putih dan memuncak 30-40 menit setelah minum.

6. Konsumsi makanan yang rendah akan kalori untuk membantu mengoptimalkan diet air putih ini

Meminum 0,5 liter air putih tiap sebelum makan dan membatasi asupan kalori (1.200 untuk wanita dan 1.500 untuk pria) dapat memaksa penurunan berat badan dan mempertahankannya sampai satu tahun kemudian. Hindari makanan yang berkalori tinggi seperti rendang, gorengan, dan makanan cepat saji. Selain tidak sehat, makanan tersebut juga dapat merusak program dietmu.

7. Melengkapi diet air putih dengan diet detoks

Detoks air putih dan rencana diet umumnya melibatkan periode singkat asupan cairan yang signifikan untuk membuang racun dari tubuh dan mengurangi kembung. Nah cobalah untuk membuat variasi pada diet air putihmu, yaitu minum seteko penuh air yang ditambahkan rasa setiap hari selama 4 hari pada tahap pertama rencana diet. Detoks air juga biasanya menggunakan makanan yang tinggi kandungan air, seperti semangka, sup, dan sayuran berdaun hijau.

8. Kurangi garam dan gula pada masakan sehatmu

Selama diet, minumlah air putih dan kurangi asupan garam dan gula pada masakanmu. Menurunkan jumlah garam yang kamu konsumsi (dengan mengurangi pemakaian garam meja, makanan beku atau kalengan, dan daging olahan) dapat mempercepat penurunan berat badan, apalagi bila dikombinasikan dengan penambahan asupan air putih setiap harinya. Selain itu hindari juga menambahkan gula pada smoothie buah atau sayur yang kamu buat. Karena juga mengandung kalori yang dapat membuat proses penurunan berat badanmu menjadi kacau.

Nah itu dia 8 cara efektif untuk menurunkan berat badan dengan air putih. Jangan lupa juga untuk tetap menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Selamat mencoba ya!