Cara Menghitung Berat Badan Yang Ideal Sesuai Dengan Tinggi Badan

Cara Menghitung Berat Badan Yang Ideal Sesuai Dengan Tinggi BadanHampir setiap orang, khususnya kaum wanita menginginkan tubuh yang langsing dan ideal. Bukan hanya itu, kesehatan juga sangat penting untuk kita jaga, caranya dengan asupan makan sehat dan olahraga yang teratur. Lalu bagaimana sih kriteria dari tubuh yang langsing ideal? Adakah cara menghitung berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badan? Nah daripada anda penasaran, yuk baca ulasan selengkapnya berikut ini!

Cara Menghitung Berat Badan Yang Ideal Sesuai Dengan Tinggi Badan

Mungkin sebagian orang pada awalanya menganggap bahwa menghitung berat badan ideal wanita ataupun pria bukanlah perkara sulit. Namun ternyata praktiknya sangat mudah lho! Pasalnya ada rumus-rumus tertentu yang bisa digunakan untuk menghitung berat badan ideal tersebut. Apalagi di zaman yang serba canggih dengan kemajuan teknologi ini, Anda bisa melakukan penghitungan dengan cara yang lebih mudah, karena saat ini sudah banyak aplikasi atau fitur pada gadget atau komputer yang bisa melakukan penghitungan berat badan ideal dengan sangat mudah.

Jika anda sudah mengetahu rumusnya, maka anda pun hanya perlu memasukkan beberapa data yang dibutuhkan pada aplikasi tersebut, kemudian Anda bisa mendapatkan data berapa berat badan ideal yang harus Anda capai.

Nah pengertian berat badan ideal sendiri adalah berat badan yang sesuai atau seimbang dengan tinggi badan seseorang. Tubuh yang ideal dapat membuat kaum wanita bisa mendapatkan bentuk tubuh yang indah dan kaum pria pun bisa mendapatkan bentuk tubuh yang atletis.

Sebenarnya ada beberapa cara menghitung dengan rumus brocha, ada juga rumus konvensinal. Lalu yang mana rumus yang paling mudah? Sampai saat ini rumus brocha adalah yang paling sederhana dan yang paling mudah. Dan berikut adalah bagaimana cara menghitung berat badan ideal wanita dan pria dengan rumus brocha.

  1. Wanita

Untuk seorang wanita, berat badan ideal bisa dihitung menggunakan rumus (Tinggi badan – 100) – (15% x tinggi badan – 100). Bagaimana? Mudah sekali kan caranya? Nah, sekarang kami akan berikan satu contoh mudah. Misal ada seorang wanita yang berat badannya 170 cm. Maka untuk mencari berat badan idealnya digunakan rumus (170 – 100) – 15% x 170 – 100) = 59,5 kg.

  1. Pria

Agak berbeda dengan wanita, ada perbedaan rumus penghitungan berat badan ideal yang digunakan. Untuk pria digunakan rumus (Tinggi badan – 100) – (10% x Tinggi badan – 100). Hanya berbeda nilai 15% dan 10% saja, kan? Sekarang akan dicontohkan ada seorang pria yang tinggi badanya 180 cm. Lalu berapa berat badan idealnya? Mudah sekali, (180 – 100) – 10% x 180 – 100) = 72 kg.

Demikianlah cara menghitung berat badan ideal wanita dan pria. Lalu adakah cara tersebut berlaku juga untuk anak-anak? Nah ternyata untuk menghitung bobot ideal anak-anak, ada dua rumus yang berbeda lho! Yaitu rumus berat badan ideal untuk anak usia 1 – 10 tahun dan untuk anak usia lebih dari 10 tahun. Yuk simak rumus di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Untuk anda yang memiliki anak dengan usia 10 tahun atau masih di bawah 10 tahun, gunakan rumus (2 x umur anak) + 8. Nah, misalnya ada seorang anak yang usianya 7 tahun, maka car amenghitung berat badan idealnya adalah (2 x 7) + 8 = 22 kg.

Sedangkan untuk anak yang usianya lebih dari 10 tahun, cara penghitungannya agak lebih rumit lagi. Rumus yang digunakan adalah (Tinggi badan – 100) x 90%. Contohnya ada seorang anak yang tinggi badannya 155 cm. Maka cara menghitung berat badan idealnya adalah (155 – 100) x 90% = 49,5 kg. Hal ini juga penting lho untuk anda ketahui sebagai upaya pencegahan obesitas pada anak.

Untuk mencapai berta badan ideal anda harus menyeimbangkan antara asupan kalori yang masuk dan keluar. Caranya dengan memperhatikan kadar kalori yang tertera pada kemasan bahan makanan anda dan memastikan bahwa asupan makanan anda adalah makanan sehat yang bernutrisi untuk tubuh. Anda juga perlu melakukan olahraga ataupun aktivitas fisik untuk membakar lemak dan kalori yang menumpuk di dalam tubuh.