Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Normal

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan normalMelahirkan adalah moment yang paling ditunggu tunggu oleh seorang ibu yang sedang hamil tua. Ya, siapa ibu yang tidak merindukan perjumpaan dengan buah hatinya? Melihat wajahnya, merasakan detak jantungnya, menggendong tubuh mungilnya, dan tentunya untuk mencurahkan kasih sayangnya secara langsung. Melahirkan adalah sebuah anugrah yang diberikan Tuhan kepada makhluk yang bernama perempuan. Hanya wanita yang bisa melahirkan, bukan laki – laki. Itulah yang menjadikan perempuan sebagai makhluk yang special. Selama proses hamil dan menjelang melahirkan, peningkatan berat badan bukanlah hal yang aneh dan harus diterima setiap ibu. Apalagi setelah melahirkan perut juga pasti melar. Namun ibu jangan khawatir dan jangan panik, berikut adalah cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal. Yuk simak ulasannya!

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal

#1. Bersabar

Mungkin kamu pernah mendengar ada Ibu baru melahirkan yang perutnya langsung singset dan langsing setelah melahirkan. Memang ada, tapi kasus itu jarang sekali, Bu! Butuh waktu berbulan-bulan untuk menghilangkan lemak di perut kamu dan bahkan ada beberapa Ibu yang tidak pernah kembali ke bentuk semula.

Memang butuh waktu 9 bulan bagi abdomen untuk merenggang dan ‘menampung’ bayi. Jadi, masuk akal jika membutuhkan waktu yang lama juga untuk mengecilkannya kembali. Nah bersabarlah, jangan langsung tergesa gesa dalam melakukan diet. Kecepatan tubuhmu kembali ke bentuk semula biasanya bergantung pada ukuran tubuh normalmu, seberapa banyak beratmu bertambah ketika hamil, dan seaktif apa kamu setelah melahirkan. Selain olahraga, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu.

#2. Breastfeeding menjadi solusi yang sangat membantu

Ya, breastfeeding alias memberian ASI pada bayi dapat membantu melangsingkan perutmu setelah hamil lho! Terutama jika kamu rajin memberian ASI di bulan-bulan pertama setelah kamu melahirkan.  Dengan memberikan ASI, tubuhmu akan membakar ekstra kalori untuk memproduksi susu. Selain itu, dengan breastfeeding, tubuhmu juga akan terdorong untuk melakukan kontraksi yang membantu menyusutkan rahimmu sehingga akan menurunkan berat badanmu setelah melahirkan dan juga membantu pelan-pelan meratakan perutmu. Jadi ternyata pemberian ASI tidak hanya berdampak baik ke buah hati saja, tetapi juga ke ibu yang memberi ASI.

#3. Perhatikan dan atur asupan makanan

Tips yang jitu adalah kamu harus makan dengan sehat dan teratur. Coba atur waktumu untuk selalu sarapan, lalu kamu juga harus makan setidaknya 5 kali buah dan sayur setiap harinya. Masukkan juga makanan yang kaya serat seperti oat dan kacang-kacangan. Kentang atau nasi juga wajib ada di menumu, Bu. Sedangkan untuk snack kamu bisa sesekali ngemil biskuit dan kue-kue kecil. Seimbangkan jam makanmu, dan jangan mengurangi makan secara drastis.

 #4. Terapkan Pola Hidup yang Aktif

Kondisi tubuh sehabis melahirkan yang membutuhkan banyak tenaga tidak bisa menjadi alasan untukmu bermalas-malasan. Kamu tetap harus menggerakkan tubuhmu secara aktif. Misalnya, jika rumahmu memiliki dua lantai, cobalah untuk latihan naik turun tangga. Nah, latihan naik-turun tangga bisa membantumu membakar lemak tubuh. Manfaat lain adalah menguatkan otot paha, kaki, dan perut. Latihan ini cukup mudah dan bisa dilakukan di dalam rumah. Saat berlatih, letakkan si kecil di luar kamar agar tetap terpantau olehmu.

#5. Mengasuh Buah Hati Kamu Sendiri

Mengasuh bayi tanpa bantuan baby sitter ternyata bisa membuat kamu cepat langsing kembali setelah melahirkan. Mengerjakan sendiri segala keperluan bayi mulai dari memandikan bayi, ,mengganti popok, menggendong bayi, menidurkan bayi, menyusui hingga mengajak bayi bermain ternyata sudah menguras energi.

Sebab, aktivitas mengasuh dan mengurus bayi menyita waktu dan perhatian yang cukup banyak. Tidak hanya konsentrasi tetapi juga tenaga banyak keluar untuk mengasuh bayi tanpa dibantu seorang baby sitter. Tidak hanya bisa kurus, kamu juga bisa merasakan kedekatan yang special dnegan buah hatimu.

Yang terpenting adalah untuk fokus kepada pemenuhan nutrisi dan gizi pada makananmu. Sebab kualitas makananmu akan mencerminkan kualitas ASI untuk buah hati. Buah hati harus mendapatkan ASI yang berkualitas sampai usianya 2 tahun, atau paling sebenetar 6 bulan, karena setelah 6 bulan bayi bisa diberikan makanan pendamping ASI. Demikianlah tips alami mengecilkan perut setelah melahirkan. Semoga bermanfaat!