Cara Mengecilkan Perut Secara Alami dengan Belly Dance

Cara Mengecilkan Perut Secara Alami dengan Belly DanceBelly Dance atau yang biasa kita kenal dengan sebutan tari perut adalah salah satu tarian tradisional timur tengah yang memiliki nama asli Oriental Dance. Karena tari Belly Dence berfokus pada gerakan perut, maka tarian ini pun bisa dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan perut anda yang buncit dan penuh lemak. Lantas bagaimana sih cara mengecilkan perut secara alami dengan Belly Dance? Daripada penasaran, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya!

Cara Mengecilkan Perut Secara Alami dengan Belly Dance

Tarian yang sering disebut sebagai tarian ‘erotis’ ini sudah ada sejak berabad-abad silam dan biasa digelar ketika menyambut perayaan tertentu seperti, hari pernikahan, kelahiran bayi atau festival budaya.

Namun tarian Belly dance bisa dikategorikan sebagai latihan aerobik, karena di dalam belly dance Anda dituntut melakukan gerakan-gerakan tertentu dalam tempo cepat yang dapat meningkatkan detak jantung.

Belly dance sendiri pun telah banyak dimodifikasi untuk mengoptimalkan unsur kebugarannya, sehingga banyak wanita di dunia yang tertarik mencoba belly dance untuk tujuan tertentu, seperti meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan, bukan lagi sebagai tarian yang dikenal ‘erotis’

Nah ini dia 5 manfaat yang bisa anda dapatkan jika melakukan Belly Dance:

#1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Belly Dance dapat meningkatkan detak jantung sama halnya ketika Anda melakukan latihan kardio. Jika Anda melakukan belly dance selama satu jam, itu berarti Anda telah membakar sekitar 300 kalori. Imbangi latihan ini dengan pola makan yang baik untuk memaksimalkan program penurunan berat badan Anda.

#2. Meningkatkan Fleksibilitas Sumsum Tulang Belakang

Belly dance juga dapat meningkatkan fleksibilitas sumsum tulang belakang yang merupakan organ paling penting dalam menopang tubuh. Banyak ligamen dan tulang rawan yang membentuk tulang belakang dan otot. Pengulangan gerakan-gerakan belly dance dapat meningkatkan aliran cairan sinovial antara sendi sehingga sendi menjadi lebih sehat dan kuat.

#3. Mengencangkan otot Perut

Ingin perut ramping dan kencang, mungkin Belly dance bisa menjadi jawaban Anda! Belly dance berisi gerakan-gerakan yang sebagian besar menggunakan otot perut. Otot perut yang terlatih dengan baik akan berkembang lebih cepat dan mempersempit ruang lemak yang tertimbun dalam perut Anda. Hasilnya, perut kencang bebas lemak pun bisa menjadi milik Anda.

#4. Memperbaiki Postur Tubuh

Meskipun tarian ini berfokus pada daerah sekitar perut, namun tarian ini dapat melatih seluruh otot tubuh seperti otot kaki, bahu, pinggul dan pinggang dengan merata.

#5. Merelaksasi Otot

Otot yang stres dan tegang dapat menyebabkan terjadinya nyeri otot, terutama di daerah leher, punggung, dan bahu. Nyeri ini terjadi akibat peningkatan asam laktat akibat stres yang meningkat.  Gerakan belly dance dapat membantu meregangkan otot, membuat otot lebih rileks, menurunkan kadar asam laktat dan meringankan nyeri otot.

Setelah mengetahu manfaatnya, pasti anda juga ingin dong mengetahui bagaimana gerakan dari Belly Dance agar anda bisa melakukannya di rumah. Nah berikut ini adalah teknik gerakan inti yang bisa anda lakukan di rumah!

Gerakan-gerakan yang paling mendasar namun juga paling sering digunakan dalam tarian bellydance diantaranya : Snake Arm, Shimmy Shoulder, Hip Drop, Shimmy Hip, Hip twist, Hip Circle (Omi) dan Body Wave.

  • Snake Arm : Gerakan tangan seperti ular mengayun lembut dan saling terhubung antara kedua lengan
  • Shimmy Shoulder : Gerakan menggetarkan kedua bahu (maju-mundur) secara bergantian (bahu kanan-kiri) dengan tempo cepat
  • Hip Drop : Gerakan pada pinggul (naik-turun) sambil “meremaskan” otot diatas pinggul dengan sedikit bantuan dari pergerakan lutut (maju-mundur)
  • Hip Twist : Gerakan pinggul ke arah samping (kanan-kiri) secara bergantian dengan tempo cepat
  • Hip Circle (Omi) : Gerakan pada pinggul yang membentuk lingkaran kecil (yang sering disalah artikan sebagai gerakan “mengulek” layaknya goyang ngebor penyanyi dangdut Inul)
  • Body Wave : Gerakan seperti gelombang dari bagian atas (dada) hingga berakhir di bagian perut bawah – Pelvis (lower pelvic) – yang juga sering disalah artikan sebagai gerakan meliuk-liuk sensual ala penari striptease.

Demikianlah ulasan seputar Belly Dance. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya!