Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

Tahukah anda bahwa permasalahan obesitas perlu ditangani secara serius. Karena kasus obesitas kini tidak hanya merebak di negara negara maju seperti Amerika saja, melainkan juga mulai banyak terjadi peningkatan di negara berkembang seperti Indonesia. Obesitas bahkan menjadi penyebab kematian karena menimbulkan banyak risiko penyakit berbahaya, seperti Kanker, Jantung, ataupun stroke. Dan parahnya lagi, obesitas tidak saja menimpa orang dewasa, tetapi juga pada anak. Nah sebelum obesitas menjadi semakin berbahaya, sangat direkomendasikan cara mencegah obesitas pada anak. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

Di tahun 2012 lalu, UNICEF dan World Children Report menempatkan Indonesia pada urutan pertama tingkat obesitas anak di Asia Tenggara, yakni sebanyak 12,2 persen. Angka tersebut terbilang cukup tinggi dan mengalami peningkatan yang pesat. Kondisi obesitas pada anak sepatutnya dihindari dengan membiasakan si anak menjalankan gaya hidup sehat dengan gizi seimbang, termasuk minum air putih sebelum makan utama, karena faktanya banyak minum air putih bisa turut membantu obesitas.

Cara Mencegah Obesitas Pada AnakJadi mulai sejak dini, jangan remehkan lagi air putih karena ternyata manfaat air putih sangat berperan besar. Sementara itu, US National Academies Food and Nutrition memiliki rekomendasi berapa banyak asupan air untuk mencegah obesitas pada anak dan remaja.

1. Untuk anak usia 1-3 tahun, asupan air minum 0,9 liter per hari
2. Untuk anak usia 4-8 tahun, asupan air minum 1,2 liter per hari
3. Untuk anak usia 9-13 tahun, asupan air minum 1,6 liter per hari untuk perempuan, dan 1,8 liter untuk laki-laki.
4. Untuk remaja wanita usia 14-18 tahun setidaknya harus minum sebanyak 1,6 liter. Sementara laki-laki setidaknya minum air 2,6 liter per hari.

Selain dengan asupan cairan yang seimbang, cara terbaik untuk mencegah obesitas adalah dengan berolahraga serta mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah.

Obesitas sendiri sangat tidak baik bagi kesehatan. Obesitas dapat menimbulkan beragam penyakit seperti jantung, stroke, dan diabetes. Karena itu sangat penting untuk menghindari obesitas, termasuk pada anak-anak dan remaja. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan?