Cara Diet Yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Mudah

Cara diet yang benar untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah 2Kebanyakan pelaku diet memandang diet adalah sebuah metode yang menyiksa diri. Karena mereka menganggap bahwa pola makan sehat adalah sebuah tekanan. Nah sebenarnya mindset bahwa diet itu menyeramkan yang harus segera kamu ubah. Tanamkan dalam pikiran kamu bahwa diet itu menyenangkan, karena bisa selalu hidup sehat. Jika kamu sudah berhasil menanamkan pikiran yang positif, maka hidup sehatmu kini bisa menjadi kebiasaan yang dengan tanpa sadar kamu bisa jalani. Berikut ini adalah cara diet yang benar untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah yang bisa kamu lakukan. Yuk simak ulasannya!

Cara diet yang benar untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah

Menurut Muhammad Ferdyansyah Sechan, S.Si, Nutrition and Health Science Executive dari Nutrifood, berikut adalah tips tips diet yang efektif:

  1. Memandangi Makanan Yang Akan Kamu Makan
    Cara ini mungkin terbilang cara yang aneh dan unik. Tapi terbukti cukup efektif. Sebelum makan, cobalah untuk memandangi atau melototi makanan terlebih dahulu sebelum kamu santap. Cara ini berguna untuk menciptakan mindful eating, dimana kita akan lebih fokus kepada makanan yang tersedia di depan mata. Sehingga tingkat kepuasan terhadap makanan lebih tinggi dan mencegah kita makan lebih banyak dari seharusnya.
  2. Tempatkan Camilanmu Di Wadah Yang Kecil
    Tahukah kamu bahwa orang cenderung membeli makanan dalam porsi atau bungkus besar karena rata-rata harganya lebih murah? Ya, kecenderungan orang yang makan camilan langsung dari bungkusnya, ia akan terus makan sampai tidak ada yang tersisa lagi. Nah berdasarkan sejumlah riset, orang akan mengonsumsi 20-25 persen lebih banyak jika makan dari wadah yang besar.Jalan keluarnya adalah kamu bisa memodifikasi wadah atau takaran sajinya Taruh snack di wadah/kemasan yang lebih kecil. Misalnya kamu beli es krim 1 liter, bisa dibagi-bagi ke tempat yang kecil. Perlu kamu ketahui bahwa camilan itu paling enak hanya pada dua gigitan pertama. Selebihnya kita makan karena sayang jika tidak dihabiskan dan sudah tidak baik untuk kesehatan.
  3. Pilihlah Bentuk Gelas Yang Ramping & Tinggi untuk Minum
    Dalam sebuah percobaan yang melibatkan bartender profesional, sang bartender diminta menuangkan satu shot minuman seukuran 1,5 ons ke dalam dua gelas. Satu di gelas yang tinggi dan bentuknya ramping, satu lagi di gelas pendek dan lebar. Ketika dituangkan di gelas yang tinggi, pas 1,5 ons. Tapi ketika mereka menuangkan ke gelas yang pendek, lebihnya banyak, 37 persen. Hal ini berarti
    Artinya orang akan cenderung menuangkan 37 persen lebih banyak minuman ke gelas yang pendek dan lebar. Tidak masalah apabila yang dituangkan adalah air. Dan yang paling penting yang perlu kamu ingat adalah hindari minuman berkalori tinggi, seperti kola, alkhohol, dan minuman dalam kemasan. Perbanyaklah minum air putih untuk mencegah dehidrasi pada tubuh kita.
  4. Biasakan Makan di Piring yang Kecil
    Sudah tahukah kamu bahwa rata-rata orang makan 25 persen lebih banyak ketika makan di piring besar? Hal ini disebabkan, piring besar memberi ilusi makanan terlihat sedikit., dan akan timbul kecenderungan orang adalah mengisi piring dengan makanan hingga penuh. Sementara piring kecil akan membuat makanan tampak besar dan penuh sehingga kita bisa menjaga porsi makan agar tak berlebihan.
  5. Makanlah dengan Porsi Sama Tetapi yang Mengandung Kalori Lebih Sedikit
    Jika kamu adalah orang yang sudah terbiasa makan dalam porsi besar, biasanya orang akan merasa kurang kenyang ketika porsi makannya jadi lebih kecil. Namun ada cara untuk menyiasatinya. Dengan porsi yang sama kamu pun bisa mengurangi asupan kalorinya.Misalnya, kamu bisa membuat smoothies dengan cara diblender yang lama, sehingga jadinya akan banyak. Semakin lama (makanan/minuman) diblender, tingkat kepuasan kamu akan semakin tinggi. Atau kalau makan burger, tumpuk selada, tomat, bawang. Daging sedikit saja. Porsinya tetap, tapi isinya lebih banyak sayuran. Kalori lebih sedikit tapi porsi sama. 

Nah itu dia 5 tips atau cara diet yang efektif untuk menurunkan berat badanmu dengan mudah dan sederhana. Tertarik untuk mencobanya?