Cara diet vegetarian

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang hanya berbahan dasar tumbuh-tumbuhan saja dan tidak memakan makanan yan berasal dari makhluk hidup atau biasanya masyarakat menyebutnya vegetarian. Tapi masih bisa mengkonsumsi makhluk air, misalnya ikan. Bisa juga dengan produk-produk olahan hewan, misalnya keju, susu dan telur. Vegetarian bisa dijadikan salah satu cara diet yang efektif dalam menurunkan berat badan. Dikalangan masyarakat biasa disebut cara diet vegetarian.

cara diet vegetarian (1)

Manfaat dari diet vegetarian itu sendiri dapat mencegah penyakit seperti wasir, hipertensi, diabetes, jantung koroner dan lain-lain. Para peneliti mengungkapkan jika kita menjalankan program diet vegetarian hidup kita akan lebih sehat dari sebelumnya. Karena makanan yang dianjurkan pada diet ini lebih rendah kalori dan rendah lemak.

Pola makanan dalam diet vegetarian juga harus diseimbangkan seperti asupan protein, serat, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin dan kalorinya. Berikut makanan yang biasa dihidangkan dalam diet vegetarian:

  • Makan pada pagi hari atau sarapan pagi

Dianjurkan memakan nasi dengan setengah porsi nasi putih maupun nasi merah, atau bisa diganti dengan sereal. Dengan tahu ataupun tempe sebagai lauk pauknya. Yang ditemani dengan segelas susu dan 1 buah jeruk.

cara diet vegetarian (2)

  • Makan siangnya

Pada siang hari sediakan makanan dengan 1 porsi nasi putih atau nasi merah, dipadukan dengan sayur-mayur atau tumisan kacang panjang. Dan untuk hidangan penutupnya bisa membuat sup buah.

  • Pada sore hari

Untuk sore hari bisa memakan sepotong roti yang berisi selai kacang. Bisa juga memakan buah-buahan yang mengandung lemak baik, misalnya alpukat. Ini bisa dilakukan jika perut meras lapar.

  • Makan malam

Untuk makan malamnya bisa memilih setengah porsi nasi putih atau nasi merah dengan sayur-mayur. Jika masih terasa lapar bisa ditambah dengan memakan sepotong roti isi coklat dan buah-buahan segar agar mencegah inflamasi pada pencernaan.

Ternyata melakukan diet vegetarian dapat mengurangi pemanasan global atau global warming. Ko bisa? Gimana caranya?

Menurut ketua IPCC yaitu DR. Pachuari berpendapat:

Janganlah memakan daging, tetapi naiklah sepeda dan jadilah konsumen yang hemat. Begitulah cara anda dalam mengerem pemanasan global

Maksud ungkapan tersebut adalah menghentikan perubahan iklim yang ekstrem saat ini, dengan menghentikan memakan daging dan beralih pada gaya hidup yang lebih hijau.