Cara diet untuk ibu menyusui

diet ibu menyusui 1
Cara diet untuk ibu menyusui.

Banyak ibu yang sedang menyusui melakukan program diet, tetapi hal ini harus dilakukan dengan hati-hati. Karena bagi ibu yang masih menyusui harus tetap memberikan gizi untuk ASI sibayi. Jadi walapun sedang melakukan diet Nutrisi ASInya tetap terjaga. Dalam sehari ibu menyusui harus menambah komsumsi kurang lebih 300 kkal/hari. Dan ini merupakan hal yang sukar bagi ibu yang menyusui untuk menurunkan berat tubuhnya.

Dari hasil survey yang diteliti ternyata pada ibu menyusui dapat membakar kalori sekitar 300 – 500 kkal/hari. Sebagian orang dengan mengetahuinya survey ini beranggapan ternyata mudah dalam menurunkan berat badan saat menyusui. Tetapi tidak semua orang mengalami hal yang seperti itu. Melainkan sebaliknya tubuh pada ibu menyusui mengalami pertambahan dari berat badan dan melebarnya tubuh dari yang sebelumnya. Bagaimana solusi dari permasalahan ini ?

Berikut cara sehat untuk diet bagi ibu yang sedang menyusui tanpa harus takut akan produksi ASInya.

  1. Memakan banyak sayur-mayur

Bagi ibu menyusui memakan banyak sayur-mayur merupakan hal wajib. Selain banyak protein yang dikandung, makanan ini juga dapat memperlancar dan menambah ASI contohnya daun katuk dan daun singkong.

2. Memperbanyak konsumsi zat besi

Bukan hanya untuk membantu pembentukan hemoglobin dan fungsi otak kecil. Ternyata zat besi juga digunakan dalam melakukan diet. Makanan yang mengandung banyak zat besi yaitu seperti telur dan daging merah tanpa lemak

3. Perbanyak konsumsi buah-buahan

Buah-buahan yang dimakan haruslah buah yang segar karna akan membuat kesegaran pada produksi ASI. Buah yang dianjurkan adalah jeruk manis, pepaya, tomat, pisang, mangga dan lain-lain.

4. Memakan makanan yang berprotein

Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein. Selain baik untuk tubuh juga dapat menyeimbangkan antara diet dengan makanan yang enak. Contohnya untuk lauk pauk seperti tahu, tempe, dan ikan. Dan untuk kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong, kacang panjang dan lain-lain.

5. Harus berolahraga

diet ibu menyusui 2

Selain diet dengan asupan makanan yang sehat, kita harus menyeimbangkannya dengan olahraga. Lakukan dengan olahraga yang sederhana misalnya jogging atau lari-lari kecil.

Butuh kesabaran bagi ibu menyusui dalam mengembalikan berat badan seperti semula. Yang terpenting jika ibu menyusui ingin melakukan diet harus dilakukan dengan cara yang sehat …