Cara Diet Tanpa Makan Nasi

Mengonsumsi bahan makanan seperti nasi merupakan sudah menjadi kultur dan kebudaan masyarakat yang ada diAsia. Nasi merupakan makanan pokok, karena setiap harinya orang mengonsumsi nasi. Tetapi pada salah satu program diet ada yang tidak menggunakan nasi sebagai bahan makanan. Berikut ini salah satu program diet yang tidak mengonsumsi nasi, yaitu cara diet tanpa makan nasi.

Bowl of brown and white rice

Sebenarnya tidak mengonsumsi nasi itu tidak dianjurkan, karena nasi merupakan karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh. Walaupun dengan menjalankan program diet nasi itu sangat efektif, tapi sebaiknya kita mengganti bahan makanan tersebut dengan mengonsumsi makanan yang karbohidratnya rendah agar asupan karbohidrat yang ada ditubuh bisa terpenuhi.

Berikut ini jenis makanan yang dapat digantikan pada program diet tanpa nasi:

#1. Jagung
Jagung mempunyai kandungan serat dan asam folat. Makanan yang berserat sangat bagus untuk pencernaan. Biasanya orang mengonsumsi jagung bisa direbus ataupun dibakar dengan bumbu-bumbu.

#2. Singkong
Pasti anda sering melihat bahan makanan yang satu ini disekitar lingkungan anda atau justru malah anda yang sering mengonsumsinya. Singkong merupakan makanan yang mengenyangkan, jadi bisa dijadikan salah satu makanan pada diet tanpa nasi. Biasanya singkong sering dijadikan tiwul atau hanya direbus saja.

#3. Kentang
Kentang bisa dijadikan sebagai salah satu pengganti nasi. Karena memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga jika anda memakannya akan merasa kenyang. Memasak kentang bisa direbus atau dioven, bisa juga dipadukan dengan bahan makanan yang lain agar anda tidak bosan memakannya. Jangan memasak dengan cara digoreng karena kentang dapat menyerap minyak yang tadi untuk menggorengnya.

#4. Oatmeal
Bahan makanan yang terbuat dari biji gandum ini bisa dijadikan sebagai salah satu bahan untuk diet tanpa nasi anda. Makanan ini biasanya dimakan pada pagi hari untuk sarapan pagi. Oatmeal memiliki kandungan serat sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan anda. Manfaat lain jika mengonsumsi oatmeal adalah dapat menjaga kolesterol agar stabil, mencegah obesitas, mencegah kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi oatmeal bisa dipadukan dengan buah-buahan, seperti strawberry, blueberry ataupun pisang.

 

#5. Ubi jalar
Ubi jalar sama seperti singkong bedanya ubi mempunyai beragam warna misalnya orange, ungu, putih. Sifat ubi juga mengenyangkan sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.