Cara Diet Saat Menyusui Yang Baik Untuk Ibu dan Bayi

cara diet saat menyusuiSetiap perempuan yang tengah mengandung, kemudian melahirkan dan menyusui pasti mengalami yang namanya pelonjakan berat badan. Dan saat itu pula, tiap ibu pasti menginginkan tubuhnya kembali ke bentuk semula. Namun adakalanya masih bingung karena harus memenuhi nutrisi untuk tubuhnya agar kesehatan dan kualitas ASI untuk sang buah hati pun tetap terjaga baik. Nah ini dia cara diet saat menyusui yang baik untuk ibu dan bayi! Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Cara Diet Saat Menyusui Yang Baik Untuk Ibu dan Bayi

  1. Langkah pertama adalah dengan membiarkan berat badan kamu berkurang secara alami

Sebagai ibu yang tengah hamil, kamu tidak harus melaksanakan diet dengan tergesa-gesa dan dipaksakan. Karena jika dipaksakan diet terlalu ketat, hal itu bisa berdampak tidak baik bagi kecukupan nutrisi tubuh ibu dan bayi.

  1. Makan Makanan yang bernutrisi dan tidak bikin gemuk
  • Beras Merah

Cobalah ganti beras biasa ibu dengan beras merah. Makanlah dalam porsi kecil dan teratur, hal ini dapat menghindari anda dari rasa lapar dan kehilangan energi.Beras merah merupakan salah satu alternatif untuk anda yang ingin diet ketika sedang menyusui, kandungan karbonhidrat kompleks yang terdapat pada beras merah akan mencukupi serat dan rendah gula untuk tubuh anda. Selain beras merah anda dapat memiih karbinhidrat kompelks lainnya seperti roti gandum dan kertas rabus. Alih-alih makan 3 kali besar per hari, anda dapat memilih untuk 3 kali kecil dan 2 sampai 3 makanan kecil per hari untuk total 5 sampai 7 makanan keseluruhan per hari.

  • Daging Sapi Rendah Lemak

Makanan bernutrisi lainnya adalah daging sapi rendah lemak. Beberapa diantara ibu yang sedang diet biasanya menghindari asupan daging. Padahal daging merupakan sumber nutrisi yang penting untuk perkembangan bayi ibu. Ibu dapat mengkonsumsi daging rendah lemak yang mampu membakar kalori lebih banyak, anda dapat memilih bagian has dalam (tenderloin) dan has luar sebagai alternatif daging tanpa lemak.

  • Bayam

Menyeimbangkan pola makan ibu dengan memasukkan keseimbangan yang baik dari karbohidrat, lemak sehat dan protein dalam diet ibu, jangan lupakan sayuran. Bayam merupakan sayur yang mengandung serat, alpha lipoic dan glutathione yang menyediakan kalori untuk anda.

  • Ikan Lele

Kandungan protein yang cukup tinggi mampu mencukupi kebutuhan protein ibu ketika sedang menyusui. Adanya kandungan lisin yang merupakan bagian dari 9 asam amino sangat baik dalam pertumbuhan tulang bayi. Selain itu ikan lele merupakan jenis ikan teraman yang rendah merkuri sehingga ibu tidak perlu khawatir dengan kualitas produk ASI. Adapula Beberapa ikan lainnya yang mengandung sejumlah besar asam lemak omega 3, yang penting dalam pengembangan mata dan otak bayi Anda seperti Salmon, nila, kepiting dan udang pilihan yang sangat baik.

  • Coklat

Ibu masih bisa lho ngemil sehat pada masa menyusui ibu. Contohnya ibu dapat mengkonsumsi coklat seperti dark chocolate adalah pilihan yang tepat untuk ibu selain memiliki lemak yang sehat juga mengandung antioksidan yang tinggi. Hindari cemilan yang memiliki lemak jenuh dan trans-lemak yang dapat merusak usaha diet dan buruk bagi kesehatan ibu. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi lemak yang tidak sehat dapat mengubah kualitas ASI. Selalu periksa label pada makanan sebelum pembelian.

  1. Hindari Makanan yang bisa mengganggu pencernaan bayi

Ada banyak makanan bisa mengganggu pencernaan bayi seperti soda, bumbu, cabe, bawang putih, dan makanan dengan kandungan gas tinggi sebagai kubis, kembang kol, tauge brussel, dan brokoli. Tetapi memang tidak semua bayi alergi dengan makanan-makanan tersebut. Namun ada baiknya jika kamu menghindarkan diri dari konsumsi makanan tersebut untuk beberapa waktu selama masih menyusui.

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan Untuk Tubuh

Cegah dehidrasi pada tubuh ibu dengan minum air putih. Sebab ASI untuk bayi juga membutuhkan tambahan asupan air. Ibu juga harus menambahkan porsi cairan ibu menjadi sekitar 1.8 liter air per hari. Selain dari air putih, kandungan air ini juga bisa Anda dapatkan dari konsumsi buah-buah, susu, jus, sayuran, sup, dsb.

Nah itu dia beberapa cara efektif untuk diet saat menyusui. Selamat mencoba dan tetap konsultasikan kesehatan ibu pada dokter ya!