Cara Diet Rendah Kalori

Dalam menjalankan program diet mengatur jumlah asupan kalori sangat penting. Tidak semua makanan dapat dimakan. Biasanya banyak makanan yang serat dam vitamin tinggi tetapi juga kalorinya tinggi. Untuk diet kita harus memilih makanan dengan rendah kalori. Apa anda tahu bagaimana cara diet rendah kalori?

Cara diet rendah kalori (1)

Makanan dengan rendah kalori adalah makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Pilihlah makanan dengan jumlah kalori yang rendah agar anda dapat menurunkan berat badan anda. Berikut adalah menu yag dapat anda pilih dalam melakukan diet rendah kalori.

#1. Makanan berserat
Makanan berserat sangat bagus untuk sistem pencernaan. Anda akan mudah mendapatkan serat jika anda mengonsumsi buah-buahan, biji-bijian dan satur-sayuran. Makanan yang berserat akan membuat kita lebih cepat kenyang dan lebih lama merasa lapar. Makanan berserat juga menjaga kadar gula darah menjadi lebih stabil.

#2. Hindari jumlah garam yang berlebihan
Sebaiknya dalam sehari anda hanya diperbolehkan mengonsumsi garam sebanyak satu sendok teh, jangan lebih. Mengurangi dalam pengonsumsian garam juga baik untuk kesehatan tubuh.

#3. Mengonsumsi protein
Memakan makanan yang berprotein juga dapat membuat kita memiliki sumber energi. Karena protein dapat menambah sistem kekebalan tubuh dan juga mempercepat pertumbuhan. Biasanya makanan yang mengandung protein yaitu seperti ikan segar, kacang-kacangan, daging ayam tanpa lemak, tahu serta telur.

#4. Memakan buah-buahan dan sayur-sayuran
Memakan sayuran dan buahan merupakan cara diet yang alami. Maka dari itu jika kita sedang menjalankan program diet kita harus selalu menyediakan sayur-sayuran dan buah-buahan tersebut. Mengonsumsi setiap hari juga akan lebih baik lagi.

#5. Mengonsumsi vitamin D dan kalsium
Kalsium dan vitamin D juga sangat pentin untuk tulang yang sehat dan kuat. Vitamin D sangat baik untuk penyerapan kalsium yang optimal didalam usus kecil. Comtoh makanannya seperti susu dan kacang-kacangan.

#6. Mengurangi gula
Menggunakan gula yang banyak akan mengakibatkan penyakit diabetes, radang sendi, sakit kepala dan osteoporosis. Jika dalam keseharian anda sering mengonsumsi gula sebaiknya mulai sekarang harus dihindari atau bisa diganti dengan madu.

Dari beberapa menu diet rendah kalori diatas semoga dapat bermanfaat. Jika perlu gunakan setiap hari menu-menu diatas dalam pengonsumsian makanan sehari-sehari anda.