Cara Diet Karbo Yang Mudah di Lakukan

Banyak berbagai cara yang dilakukan dalam hal menurunkan berat badan dengan cara diet. Namun tidak sedikit dari mereka yang gagal akan program dietnya tersebut. Tetapi pada artikel ini kita akan membahas salah satu diet yang sedang populer pada sekarang ini, yaitu melakukan cara diet karbo. Ada yang sudah tahu apa itu diet karbo? Mari kita bahas berikut ini.
Cara diet karbo (1)
Diet karbo atau yang biasa disebut diet karbohidrat merupakan mengurangi asupan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Banyak yang mengatakan bahwa melakukan diet karbo dapat membahayakan kesehatan, karena dapat merusak sistem metabolisme atau sistem kekebalan tubuh.

Anggapan itu memang benar jika hal tersebut dilakukan dalam jangka yang panjang, namun jika dilakukan pada jangka pendek itu tidak terlalu membahayakan. Biasanya diet karbo dilakukan hanya untuk ibu-ibu pasca melahirkan, dan jika dalam menurunkan berat badan dengan cara ini telah mencapai target, sebaiknya segera kembali pada pola makan seperti semula.

Diet karbo dapat menurunkan berat badan sampai dengan 10 kilogram, tapi itu hanya diawal dalam melakukan program diet tersebut. Dan pada bulan-bulan berikutnya justru berat badan anda akan naik, atau bahkan lebih dari sebelumnya. Penyebabnya karena kebosanan dalam melakukan diet tersebut. Jangka waktu yang dianjurkan untuk melakukan diet karbo sekitar 3 sampai 4 bulan, tergantung tujuan anda dalam menurunkan berat badan tersebut.

Bagi anda yang ingin menjalankan diet tersebut sebaiknya tetap mengkonsumsi karbohidrat yang sehat, seperti tinggi akan serat. Karena serat bermanfaat dalam penurunan berat badan, menurunkan gula darah dan menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Contohnya oatmeal atau havermout, beras merah, kentang ataupun nasi. Selain makanan yang tadi, buah-buahan juga harus dikonsumsi. Walaupun sedang menjalankan program diet karbo, jangan pernah menghindari karbohidrat. Karena karbohidrat merupakan sumber energi yang penting untuk tubuh.

Sebaiknya bukan hanya memperhatikan dan mengurangi dalam asupan yang mengandung karbohidrat, aktivitas fisik juga perlu dilakukan dalam pembakaran lemak dan pembentukan tubuh, seperti olahraga. Olahraga dilakukan selama 30 menit dalam sehari, contohnya lari pagi dan berenang.