Cara Diet Ibu Hamil

Sekarang ini sudah banyak ibu hamil yang sadar dengan kegemukan dan obesitas. Bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan dan kegemukan haruslah melakukan cara diet ibu hamil. Agar kesehatan dan kandungan janinnya dapat terjaga dari berbagai hal yang dapat mengganggu kehamilan.

Cara diet ibu hamil (1)

Orang-orang zaman dahulu mengatakan jika seorang wanita sedang hamil, berarti dia harus makan dengan porsi yaitu untuk wanita tersebut dan untuk bayinya. Itu memang benar tetapi harus dengan porsi yang benar dan sehat, jangan asal makan saja yang penting kenyang. Bisa-bisa makanan yang dimakan tadi banyak mengandung lemak dan karbohidrat yang tinggi, sehingga makin besar saja tubuh wanita tersebut.

Berikut adalah tips yang dapat digunakan dalam diet ibu hamil:

#1. Mengonsumsi banyak serat
Makanan berserat sangat bagus untuk dikonsumsi. Contohnya seperti sayur-sayuran, tetapi jangan yang bersantan. Makanlah sayur-sayuran yang cukup agar kebutuhan seratnya bisa terpenuhi untuk tubuh.

#2. Memakan makanan yang berprotein
Makanan yang mempunyai protein juga harus dimakan oleh ibu hamil, agar dapat tercukupi kebutuhan protein untuk janin dan ibunya. Contoh makanannya seperti ikan, boleh ikan air laut maupun ikan air tawar.

#3. Mengurangi asupan kalori
Kurangi makanan dengan jumlah kalori yang tinggi. Lebih baik memakan yang banyak akan nutrisi dan rendah kalori. Agar tubuh anda tidak menambah jumlah kalori lagi didalam tubuh.

#4. Harus sarapan pagi
Untuk ibu hamil sarapan pagi sangat penting, sampai sampai terlambat untuk sarapan pagi. Karena sarapan pagi sangat efektif untuk sumber energi pada pagi hari. Jangat terlalu banyak sarapan pagi, itu akan menyebabkan kekenyangan dan rasa ngantuk.

#5. Teratur kedokter
Melakukan rutinitas memeriksa kehamilan kedokter itu juga diperlukan. Agar mengetahui kondisi bayi dalam keadaan sehat atau tidak. Dan menanyakan makanan apa saja yang masih kurang, agar pertumbuhan janinnya tidak terjadi masalah.

#6. Konsumsi lemak yang baik
Lemak yang baik dapat didapatkan jika kita mengonsumsi buah alpukat. Buah ini juga mengandung omega-3. Jauhilah buah durian, karena durian mengandung trigliserid yang tinggi.

#7. Mengonsumsi asam folat
Asam folat sangat baik untuk ibu yang menyusui. Jadi sebelum menjelang persalinan, sebaiknya ibu mulai memperbanyak asam folat agar nanti ketika bayinya lahirnya tidak kekurangan akan asam folat. Contohnya kacang hijau, brokoli, bayam dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk memperbanyak memakan buah-buahan dan juga mengonsumsi banyak air putih.