Cara Diet Detox Tubuh Dengan Wortel

Cara Diet Detox Tubuh Dengan WortelJika anda bosan mengonsumsi sayur-sayuran hijau, anda bisa mengonsumsi sayuran yang satu ini. Ya, wortel yang memiliki warna orange ini memang menjadi sayuran yang segar untuk dikonsumsi dan juga dipandang mata. Wortel juga dikenal sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi lho! Namun tahukah anda bahwa wortel bisa anda jadikan sebagai menu diet dan detox tubuh? Untuk lebih jelasnya, yuk baca ulasan berikut ini mengenai cara diet detox tubuh dengan wortel!

Cara Diet Detox Tubuh Dengan Wortel

Wortel segar atau mentah mengandung zat bioaktif beta-karoten unggul (excellent) yang –saat dikonsumsi— akan diubah di dalam tubuh menjadi vitamin A. Wortel juga sumber vitamin K dan C, serta mineral kalium dan serat yang sangat baik. Vitamin A penting untuk menyehatkan fungsi penglihatan, membentuk kekebalan tubuh, dan sebagai antioksidan. Vitamin C penting untuk pembentukan kolagen yang berguna dalam penyembuhan luka serta membantu penyerapan zat besi dan kalsium.

Kandungan  beta-karoten dalam wortel akan  makin mudah dicerna dan diserap tubuh bila  wortel dimasak dengan menggunakan minyak atau lemak, karena beta-karoten larut dalam minyak atau lemak. Bila dikonsumsi dalam keadaan mentah (tanpa minyak/lemak), beta-karoten akan sukar diserap tubuh. Namun, agar kandungan vitamin Cnya –yang  mudah rusak/hilang oleh panas— tidak banyak berkurang, wortel sebaiknya ditumis, yakni dimasak dengan sedikit minyak dan dalam suhu tidak terlalu panas.

Wortel juga dapat dinikmati dalam keadaan mentah. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis bisa dijadikan cemilan. Lalu, Anda bisa mengolahnya jadi jus atau mengirisnya tipis dan dijadikan campuran salad.

Untuk cara diet dengan wortel, seperti yang dilansir dari laman BoldSky, bahwa wortel terbukti pada siang dan malam dapat membantu menurunkan berat badan 3 hingga 4 kilogram. Untuk permulaan mulailah hari Anda dengan minum segelas jus wortel segar tanpa disaring. Jika Anda tak terlalu suka aromanya, bisa tambahkan sedikit perasan jeruk nipis atau susu rendah lemak.

Pada sore hari, setelah makan siang dan Anda ingin menikmati cemilan konsumsi saja wortel segar. Anggap saja wortel tersebut sebagai pengganti makanan manis. Olahan wortel untuk menu makan malam, bisa diiris dan dicampurkan dengan sayuran lain seperti selada, tomat segar dan telur rebus agar lebih kenyang.

Makan wortel secara teratur bukan hanya membuat tubuh lebih sehat. Tapi juga bisa mempercantik kulit Anda karena kandungan vitaminnya yang tinggi. Tak hanya itu, masih ada manfaat lain dari makanan berwarna cerah ini. Nah berikut ini adalah bonus manfaat jika anda mengonsumsi wortel:

  1. Memperbaiki fungsi tubuh
    Wortel yang sangat kaya akan karoten ini membantu membersihkan dan memperbaiki fungsi tubuh. Itu karena beta karoten bersifat menangkal radikal bebas, yaitu zat yang bisa merusak sel-sel tubuh.Vitamin lengkap
    Vitamin yang terkandung dalam wortel antara lain, vitamin A, D, E, K, asam askorbat, sterol dan lesitin. Vitamin-vitamin tersebut mencegah terbentuknya radikal bebas dari dalam tubuh. Karoten dikonversi menjadi vitamin A dengan bantuan enzim dari hati.

    3. Mencegah penyakit
    Wortel juga dapat mencegah berbagai macam penyakit  seperti, jantung, katarak dan kanker. Kandungan serat dan yodiumnya juga tinggi dan sangat baik untuk mencegah obesitas.

    4. Berfungsi untuk kesehatan kulit

Mengkonsumsi jus wortel secara teratur akan membuat kulit bercahaya dan terhidrasi dengan baik sehingga kulit tidak mudah kering dan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti eksim. Mengkonsumsi jus wortel juga mampu menghindari penuaan dini karena kandungan kaya antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan akan membuat kulit tidak mudah berkeriput serta menghindari munculnya bintik-bintik gelap pada kulit.

  1. Vitamin A dalam wortel sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.
  2. Wortel dapat membantu pencegahan kanker

Banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara jus wortel dan kanker. Jus wortel mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang membantu pencegahan kanker.

Demikianlah ulasan seputar diet detox tubuh dengan wortel. Jadi selain dapat membantu program diet anda, wortel juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit anda. Bagaimana anda tertarik untuk mencoba diet wortel ini?