Cara Diet Detoks Yang Benar dan Aman Untuk Tubuh

cara diet detoks yang benarUntuk menurunkan berat badan memang bisa dibilang susah susah gampang. Susah karena dalam program diet diperlukan konsistensi terhadap komitmen untuk diet yang sudah kamu buat, jangan berhenti di tengah jalan. Dan gampang karena kamu hanya perlu hidup sehat. Karena pada dasarnya diet yang sehat itu bertujuan untuk hidup yang sehat juga. Diet detoks bertujuan untuk itu, mengeluarkan racun racun yang menumpuk dan membersihkan tubuh dari zat zat yang tidak berguna bagi tubuh. Nah di bawah ini adalah cara diet detoks yang benar dan aman untuk tubuh! Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Cara Diet Detoks Yang Benar dan Aman Untuk Tubuh

  1. Mulailah Dengan Diet Detoks Dengan Jus, Smoothie Sayur dan Buah

Untuk mulai melakukan diet detoks, kamu terlebih dahulu perlu menghindari makanan yang bersifat padat. Dan konsumsilah minuman saja (air, teh, jus buah, jus sayuran, dan/atau minuman protein) selama 2-3 hari. Diet cairan dapat membantu mengurangi berat badan dengan membatasi asupan kalori dan dipercaya membersihkan tubuh dari racun-racun tertentu. Di samping itu, pastikan untuk memasukkan jus buah dan/atau sayuran ke dalam puasa ini untuk memastikan tubuh kamu mendapatkan nutrisi yang tepat.

  1. Perbanyak menu buah – buahan untuk diet detoks

Detoks buah adalah cara yang baik untuk berpuasa tanpa membuat Anda lapar. Beberapa manfaat dari konsumsi buah yang cukup adalah meningkatnya energi, membantu mengatur berat badan, dan bahkan mengurangi kemungkinan timbulnya stroke. Kamu bisa melakukan detoks dengan makan sejumlah buah yang berbeda atau hanya makan satu jenis buah. Nah untuk hasil yang maksimal, pilihlah buah yang kamu sukai agar kamu pun senang memakannya. Dan yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan diet buah lebih dari 7 hari berturut-turut.

  1. Masukkan buah jeruk pada menu dietmu

Tahukah kamu bahwa buah jeruk adalah buah-buahan yang memiliki kekuatan mendetoksifikasi paling tinggi, yaitu jeruk manis, jeruk ponkam, jeruk lemon, dan jeruk nipis. Kamu pun bisa memakannya begitu saja atau digabungkan dengan buah-buahan lain. Dan sekali lagi, jangan lakukan diet buah ini melebihi 7 hari berturut-turut ya!

4. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup

Minum air putih dalam jumlah yang cukup penting untuk kesehatan. Di antara berbagai manfaatnya, air membantu memelihara tingkat cairan di dalam tubuh, yang membantu ginjal mengeluarkan racun.

5. Coba juga buah anggur dalam menu diet detoksmu

Cobalah detoks buah anggur. Dalam buah anggur mengandung resveratol yang bisa mencegah kanker, diabetes, dan mencegah pembekuan darah dalam tubuh kamu. Dan anggur juga merupakan sumber potasium dan vitamin C yang bagus. Makanlah hanya buah anggur (jenis apa saja yang kamu sukai) selama jangka waktu 3-5 hari.

6. Pilihlah sayuran, buah, dan daging organik.

Tanaman konvensional ditanam menggunakan pupuk kimia dan insektisida sintetis, sementara tanaman organik ditanam menggunakan pupuk dan pestisida alami. Daging organik hanya mengandung antibiotik, hormon pertumbuhan, dan obat-obatan yang sangat sedikit yang biasa diberikan pada hewan di peternakan konvensional. Untuk memastikannya, periksalah label makanan, apakah tergolong organik atau tidak.

7. Minumlah air jeruk lemo secara rutin

Tambahkan perasan jeruk lemon, jeruk manis, atau jeruk nipis ke dalam air putih untuk diminum sepanjang hari. Buah-buahan seperti jeruk lemon ini mengandung asam sitrat, yang membantu tubuh melenyapkan lemak. Selain itu, tambahan rasa jeruk di dalam air memudahkan kamu untuk minum air putih 8 gelas sehari! Dan jangan lupa untuk menyikat gigi di sela-sela waktu makan utama. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengikisan zat asam pada gigi dari buah jeruk ini.

  1. Hindari Minuman beralkhohol

Riset menunjukkan alkohol berhubungan dengan serangan jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara pada wanita. Karena itu hindarilah minum-minuman yang mengandung alkhohol karena tidak ada manfaatnya untuk tubuh kamu.

Nah itu dia beberapa tips diet detoks yang bertujuan untuk tubuh yang sehat dan langsing. Jangan lupa juga untuk mengkonsultasikannya kepada dokter sebelum melakukan diet ini ya!