Cara Diet Dengan Tidur yang Benar dan Teratur

cara diet dengan tidur

Tidur adalah kebutuhan setiap manusia untuk mengistirahatkan jiwa, tubuh, dan pikirannya. Bayangkan jika manusia tidak tidur sama sekali, apa jadinya dunia ini. Karena itulah kebutuhan tidur manusia harus tercukupi agar metabolisme pikiran, hati, dan jiwanya pun stabil dan bisa melangsungkan metabolisme dengan baik. Dari sekian banyaknya manfaat tidur, salah satunya dalah untuk diet menurunkan berat badan. Yuk simak ulasan berikut mengenai cara diet dengan tidur yang benar.

Cara Diet Dengan Tidur yang Benar

Tahukah kamu bahwa tubuh memiliki kemampuan untuk membakar lemak secara alami? Dan pembakaran lemak dalam tubuh dilakukan secara teratur selama periode 24. Dan puncak dari pembakaran lemak terjadi justru pada saat kamu tidur. Jadi, itulah alasan kenapa tidur bisa menjadi cara pembakaran lemak secara alami. Sebenarnya, bukan tidurnya yang penting. Melainkan waktu di antara kamu selesai makan dan saat kamu sarapan pagi.

Berikut adalah tujuan mengatur jarak antara tidur dan makan:

  1. Memobilisasi Lemak Perut

Sekitar 9 jam dari waktu kamu selesai makan malam, kalori yang tersedia (didapat dari makan sebelumnya, dari karbohidrat yang tersimpan, dan dari lemak yang beredar) akan terpakai seluruhnya. Saat seperti ini adalah waktu terbaik bagi tubuh untuk memobilisasi (menggerakan) lemak dari tempatnya disimpan dan mulai menggunakannya untuk metabolisme tubuh. Periode saat lemak bergerak melakukan hal ini adalah saat dimana tubuh membakar lemak secara alami di saat Anda sedang tidur.

  1. Pembakar Lemak pada Tubuh

Apapun yang Anda lakukan, pastikan rentang waktu antara makan malam dan sarapan pagi Anda adalah 12 jam sehingga tubuh mendapatkan kesempatan terbaik untuk membakar lemak secara alami setiap malamnya.

  1. Jangan Negemil Sebelum Tidur di Malam Hari

Ngemil setelah makan malam akan mengganggu proses pembakaran lemak oleh tubuh. Anda ingin tubuh mampu membakar lemak secara alami, Anda harus memberikan waktu bagi tubuh untuk menyimpan lemak selama beberapa jam setiap malamnya. Ini adalah cara paling sederhana, mudah, dan cara terbaik dalam memperbaiki metabolisme tubuh. Jika kamu maish tetap ngemil di malam hari, kamu akan mengalami gangguan kesehatan, kebiasaan yang sulit dihilangkan, serta program diet yang berantakan.

Nah itu dia beberap ahal yang perlu kamu perhatikan dalam cara diet dengan tidur. Tidur yang penting bukan kuantitas, melainkan kualitasnya!